JURING (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 3 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui

Rahayu Rahayu (Universitas Riau)
Sehatta Saragih (Universitas Riau)
Syofni Syofni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Dilaksanakan di kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah 27 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari silabus, RPP, dan LAS, serta instrumen pengumpulan data yaitu lembaran observasi dan tes Ulangan Harian (UH). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan dari pelaksanaan pembelajaran pada siklus I. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari skor sebelum tindakan, skor UH I, dan skor UH II. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor sebelum tindakan, UH I dan UH II berturut-turut (37,03 %), (48,14%) dan (74,07 %). Hal tersebut mremperlihatkan yakni model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui semester II tahun pelajaran 2020/2021.Kata kunci:  Hasil Belajar. Model Problem Based Learning,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...