FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan
Vol 1 No 1 (2022): FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan

PELAYANAN KLINIK GLORIA DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI KESEHATAN PASIEN (IMPLIKASI LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING)

Widar W. Maduwu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dokter dan perawat Klinik Gloria dalam memberikan layanan informasi kesehatan pasien belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Klinik Gloria Telukdalam tehadap pemberian layanan informasi kesehatan pasien (Implikasi layanan informasi Bimbingan dan Konseling). Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitain ini yaitu peneliti sendiri dengan memilih informan sesuai dengan kepakarannya yang terdiri dari 2 orang dokter, 2 oarang perawat dan 5 orang pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Klinik Gloria dalam memberikan layanan informasi kesehatan pasien telah diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien, akan tetapi beberapa pasien yang merasa kurang layanan informasi dari dokter dan perawat. Adapun faktor yang mempengaruhi layanan informasi yang kurang optimal yaitu: dokter dan perawat Klinik Gloria lebih banyaknya pasien yang dilayani sehingga kurang penyampaian informasi kepada pasien, lebih mengutamakan pasien yang gawat dari pasien yang penyakitnya biasa. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan Klinik Gloria dalam pemberian layanan informasi kesehatan pasien belum maksimal karenakan banyaknya pasien yang dilayani. Saran bagi pimpinan Klinik Gloria supaya dapat menerima konselor sebagai tempat kosultasi pasien dalam memberikan layanan informasi kepada pasien dan tengan kesehatan ditambah. Bagi dokter dan perawat Klinik Gloria, sebaiknya lebih aktif dalam memberikan pelayanan maupun layanan informasi dalam meningkatkan kesehatan pasien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FAGURU

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRA) berisikan artikel ilmiah dari skripsi mahasiswa strata satu (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias Raya (UNIRAYA) yang merupakan kewajiban mahasiswa menggunggah karya ilmiah sebagai syarat wajib bagi seluruh ...