PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 3 (2022): PENDALAS

ANALISIS METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 067249 MEDAN MARELAN

Olgi Gerieska (STKIP Pangeran Antasari)
Ismala Dewi (STKIP Pangeran Antasari)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA sekolah dasar memiliki tujuan yaitu agar siswa dapat menguasai pengetahuan, fakta dan konsep serta mampu menimbulkan sikap ilmiah sehingga mampu berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 067249 Medan Marelan. (2) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 067249 Medan Marelan. (3) Mendeskripsikan dampak pelaksanaan pembelajaran pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 067249 Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu Sumber data primer diantaranya adalah kepala sekolah, guru-guru,siswa, dan orangtua siswa. Dan data sekunder diantaranya sumber data tertulis, foto, inventaris, serta lainnya yangdiperlukan untuk mendukung penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara, observasi langsung dan analisis dokumen. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA tentang gaya menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelandengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan penutup sudah sangat merujuk kepada referensi utama dari teori pembelajaran demonstrasi. (2) Kendala pelaksanaan IPA materi gaya menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelan terdapat di persiapan pelaksanaan pembelajaran dikarenakan faktor belum adanya pengalaman penerapan metode demontrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelan sebelumnya. (3) Dampak pembelajaran IPA materi gaya di SD Negeri 067249 Medan Marelan diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran Pendidikan melalui analisis data yang dipaparkan, maka dapat dikatakan hasil dari pelaksanaan pembelajaran IPA materi gaya menggunakan metode demonstrasi di SD Negeri 067249 Medan Marelan berhasil membuat siswa mengetahui dan memahami materi gaya dengan baik sehingga siswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya pada kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...