Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Travel Game berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dengan materi Pecahan Senilai untuk siswa kelas IV SD Negeri 04 Lubuklinggau dan untuk mengetahui kepraktisan Media Travel Game. Jenis model pengembangan media Travel Game ini peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan media Travel Game menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam klasifikasi Valid pada komponen kelayakan media dengan rata-rata skor sebesar 3,17, pada komponen kelayakan materi termasuk dalam klasifikasi Valid dengan rata-rata skor sebesar 3,37, serta pada komponen kelayakan bahasa termasuk dalam klasifikasi Valid dengan rata-rata skor 3,22. (2) Kepraktisan media Travel Game menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam klasifikasi “Sangat Praktis” dengan rata-rata skor sebesar 4,54 ditentukan berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media Travel Game. Sehingga hasil analisis uji kevalidan dan kepraktisan media Travel Game berbasis model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 04 Lubuklinggau pada materi Pecahan Senilai yang telah dikembangkan ini valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2021