Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media Bolian (Botol Perkalian) dapat dilihat dari segi valid, praktis dan efektif pada pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 154 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 19 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analasis data yaitu analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Data kevalidan dari 3 ahli (ahli bahasa, ahli media dan ahli materi) dengan hasil seluruh validator mendapatkan jumlah 2,49 dengan rata-rata 0,83 yang termasuk kategori sangat valid. Data kepraktisan dianalisis dengan diperoleh hasil kepraktisan dari siswa berjumlah 95,23% dengan kategori sangat praktis sedangkan hassil yang diperoleh dari guru berjumlah 95,67% dengan kategori sangat praktis. Data analisis keefektifan dari siswa diperoleh hasil 79% dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Botol Perkalian (Bolian) dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam segi kegunaannya pada pembelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri 154 Rejang Lebong.
Copyrights © 2022