Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 67 LUBUKLINGGAU

Nadia Julita (Universitas PGRI Silampari)
Elya Rosalina (Universitas PGRI Silampari)
Tri Juli Hajani (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau setelah diterapkan model kooperatif tipe pair check. Penelitian ini menggunakan eksprimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa yang diambil sebagai sampel adalah kelas V yang berjumlah 32 diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji -Z. Berdasarkan hasil analisis uji -Z data tes akhir pada taraf signifikan α=0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau setelah penerapan model kooperatif tipe pair check secara signifikan tuntas. Rata-rata nilai tes akhir sebesar 86,63 dengan presentase jumlah siswa yang tuntas 100% dan uji hipotesisnya diperoleh(8,89) ≥ .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...