An-Nuur
Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur

PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI MI: APAKAH DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA?

Eko Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas V. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 peserta didik.Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang ditandai dengan peningkatan ketentuan belajar per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya hanya 4 peserta didik atau 28,57%, naik pada siklus I menjadi 6 peserta didik atau 42,86%, kemudian  naik lagi pada siklus II menjadi 10 peserta didik atau 71,43%, diakhir siklus III sudah menjadi 13 peserta didik atau 92.86%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Metode kontekstual dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi pokok bangun datar di kelas V MI Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus  Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Matematika, Madrasah Ibtidaiyah, Hasil Belajar, Materi Bangun Datar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

annuur

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

An-Nuur merupakan jurnal Studi Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu. Terbit 2 kali dalam satu tahun. Scope jurnal ini adalah hukum islam, pendidikan islam, ekonomi islam dan ...