TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 1, No 2 (2022): Vol. 01 No. 2 2022

PENGARUH STRATEGI ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 188 PEKANBARU

INTAN KARTIKA SARI (UNIVERSITAS RIAU)
ARDI YULIS (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Sakilah Sakilah (UIN SULTAN SYARIF KASIM RAIU)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelelajaran dengan strategi role playing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional terhadap interaksi sosial siswa Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengetahui interaksi sosial siswa. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelelajaran dengan model role playing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dengan output perhitungan data juga diketahui Thitung sebesar 5,435 dan nilai P= 0.00.Kata Kunci: role playing, interaksi sosial siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...