cover
Contact Name
Ismail
Contact Email
ismail05@uin-suska.ac.id
Phone
+6281267235661
Journal Mail Official
tadrisips@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpang Baru, Tampan Pekanbaru, Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
ISSN : -     EISSN : 28292413     DOI : 10.24014
The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the findings of the studies of current issues within perspective of social education of Islam and cultures from perspective of Islam. This journal attempts to spread thoughts in form of concepts, theories, paradigms, perspective and methodology of social education. The scopes of the Tsaqifa Nusantara Journal are focused on: 1) Learning IPS, 2) social phenomena in society. The contributors can be academicians, teachers, students, and practitioners who work in the field of education. Scope of Tsaqifa Nusantara: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial 1. Social education 2. Social phenomenon 3. Local wisdom 4. Norms and social ethics 5. Cultural education in islamic perspective.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
NILAI KEARIFAN LOKAL FESTIVAL LAMPU COLOK DITINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGIS Richa Dwi Rahmawati
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 2 (2022): Vol. 01 No. 2 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.744 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i2.18502

Abstract

Orang melayu memiliki peradaban yang tinggi dalam memilihara tatanan nilai-nilai budaya. Kearifan lokal merupakan warisan leluhur atau nenek moyang yang harus dilestarikan salah satu kearifan lokal masyarakat melayu adalah festival lampu colok. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk melihat bagaimana nilai-nilai kearifan lokal festival lampu colok ditinjau dari aspek psikologis. Penulisan ini menggunakan metode library research. Hasil yang ditemukan dalam penulisan ini adalah dalam pelaksanaan festival lampu colok, aspek psikologis yang terkandung adalah nilai social support dan juga perilaku prososial hal ini terlihat dari antusias masyarakat ditandai dengan solidaritas dan kerjasama dalam melestarikan kearifan lokal lampu colok, dimulai dari mencari kayu sampai mendirikan gapura dan memasang lampu colok. Dalam hal ini perilaku social yang terlihat adalah tidak perduli kaya atau miskin semuanya saling bekerjasama baik dalam bentuk tenaga ataupun materi (donasi) agar festival tersebut tetap terlaksanakan dan dilestarikan. Nilai-nilai Psikologis tersebut juga berkaitan dengan tunjuk ajar Melayu Riau dari Tennas Efendi mengenai persatuan dan kesatuan, gotong royong dan tenggang rasa yang selama ini dijadikan pedoman masyarakat melayu dalam kehidupan bermasyakarat.
Metode Analisis Dialektika Hegel Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial Rohani Rohani; Fanny Suci Fadillah; Mahdar Ernita; Muhammad Fahli Zatrahadi
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 1 (2022): Vol. 01 No. 1 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.708 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i1.16334

Abstract

This analysis describes the 21st Century Critical and Creative Thinking, which describes the Hegelian Dialectical Analysis method by unraveling social science learning in Junior High School. By describing the Hegelian Dialectical Analysis method in theory, the findings got in the theory can improve students’ critical thinking skills in 21st century social studies learning in junior high schools, especially improving students’ critical and creative thinking in social studies learning in junior high schools.Keyword: Creative thinking, dialectical analysis, social studies learning
MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 Paijan Rambe
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 2 (2022): Vol. 01 No. 2 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.23 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i2.18448

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mahasiswa memiliki motivasi dalam pembelajaran online selama masa pandemi covid19. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi detail motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran online selama masa covid 19. Penlitian ini dilakukan di STKIP ‘Aisyiyah Riau dengan melibatkan 50 orang mahasiswa pada program studi pendidikan Ekonomi dan PG-PAUD. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi dan bahan pertimbangan bagi civitas akademika dalam memfasilitasi dalam perbaikan jika masih menerapkan pembelajaran online. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus . Hasil penelitian menunjukkan  bahwa motivasi belajar dalam pembelajaran online selama masa pandemi covid 19 berada pada kategori baik dengan hasil 70,89%. Pandemi covid 19 tidak menjadi alasan mahasiswa untuk tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi, walaupun dalam pelaksanaannya terdapat kekurang-kekurangan yang ditemukan,akan tetapi tidak ada pilihan lain selain mengoptimalkan pembelajaran daring.Kata Kunci : Motivasi Belajat, Pembelajaran Online, Covid19
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Elfira Zarni; Dicki Hartanto
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 1 (2022): Vol. 01 No. 1 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.369 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i1.16502

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru IPS terhadap Pemahaman Siswa IPS Terpadu siswa di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah kompetensi pedagogik guru terhadap tingkat pemahaman siswa. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 54 siswa, karena jumlah populasi tidak begitu besar maka penulis mengambil semua sampel untuk diteliti. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru IPS terhadap pemahaman siswa pada siswa IPS terpadu di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah, dengan kontribusi kompetensi pedagogik guru dalam mengajar dengan pemahaman siswa. adalah 0,864 X 100% = 86,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (pengamatan) = 0,864 lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% dan 1%, yaitu 0,273 < 0,864 > 0,354, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: kompetensi pedagogik, pemahaman siswa, IPS Terpadu.
PENGARUH INTERAKSI GURU TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA JURUSAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI OLAHRAGA PROVINSI RIAU akmal akmal; Ismail Ismail; Hermi Zaswita; Suhertina Suhertina
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 2 (2022): Vol. 01 No. 2 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.71 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i2.17341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap perilaku sosial siswa jurusan ilmu-ilmu sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu dianalisis dengan dua cara yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis korelasi product moment yang dilanjutkan dengan analisis koefisien diterminasi untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru dan siswa terhadap perilaku sosial siswa. Hasil penelitian menunjukan Interaksi guru pada siswa sebesar 76,48%. Artinya, bahwa interaksi guru pada siswa dikategorikan “baik” karena berada pada rentang interval 61% - 80%. Hasil pada Perilaku sosial siswa pula menunjukan sebesar 78,23%. Artinya bahwa perilaku sosial siswa tergolong baik karena berada pada rentang interval 61% - 80% dikategorikan “baik”. Kemudian, untuk hasil pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa dilihat dari r hitung > r tabel (0,159<0,683> 0,210) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Persentase sumbangan pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa jurusan ilmu-ilmu sosial sebesar 46,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.  Kata kunci: Interaksi Guru, Perilaku Sosial, Pembelajaran IPS
Kearifan Lingkungan Masyarakat Adat Kenagarian Rumbio, Kabupaten Kampar dalam Menjaga Kelestarian Hutan Almegi Almegi
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 1 (2022): Vol. 01 No. 1 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.233 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i1.16544

Abstract

Hutan larangan adat Kenagarian Rumbio adalah salah satu hutan hujan primer dataran rendah dengan minim hambatan fisik untuk dikonversi menjadi lahan budidaya, tetapi tetap lestari selama beradad-abad. Hal ini menarik untuk ditelisik dari kondisi sosial-budaya masyarakat sekitar, yaitu masyarakat adat Kenagarian Rumbio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang kearifan lingkungan masyarakat adat Kenagarian Rumbio dalam menjaga kelestarian hutan larangan adat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara induktif berlandaskan paradigma fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lingkungan dalam menjaga kelestarian hutan larangan adat telah mengakar kuat di tengah-tengah masyarakat adat yang bersumber dari adanya mitologi dan sejarah hutan yang kemudian melahirkan nilai-nilai yang diyakini masyarakat adat terkait interaksinya dengan hutan tersebut. Kearifan lingkungan dalam pengelolaan hutan larangan adat dapat dilihat dari peran ninik mamak sebagai penjaga nilai-nilai luhur dalam bentuk aturan adat dan anak kemenakan sebagai individu yang taat terhadap aturan tersebut. Aturan-aturan adat tidak tertulis terkait hutan larangan adat terus dipertahankan dengan penjatuhan sanksi kepada anak kemenakan ataupun masyarakat di luar Kenagarian Rumbio yang melanggar aturan tersebut. Kata kunci: hutan larangan adat, kearifan lingkungan, masyarakat adat
PENERAPAN MEDIA PICTURE AND PICTURE DALAM MENGKATKANPEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGRI 2 TALUK KUANTAN Ahdar Ahdar; Nurdiansyah Nurdiansyah
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 2 (2022): Vol. 01 No. 2 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.268 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i2.16558

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini mengenai pembelajaran Sejarah dengan menggunakan metode Kooperatif Picture and Picture. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan metode Picture and Picture pada pembelajaran Sejarah dan juga pengaruhnya dalam pembelajaran Sejarah. Dalam upaya mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan dibutuhkan sebuah kreativitas guru yakni dalam menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Pada pembelajaran Sejarah dibutuhkannya media untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat pembelajaran di kelas lebih aktif yang mana selama ini pembelajaran sejarah banyak menggunakan metode ceramah dan hafalan saja. Maka diperlukannya sebuah media yang akan membuat peserta didik dapat lebih aktif dan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini dilaksanakn di SMKN 2 Taluk Kuantan dimana subjeknya adalah siswa siswi kelas X OTKP 2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasannya kelas X OTKP 2 sangat antusias, aktif dan  sangat komunikatif dalam mengikuti proses pembelajaran ketika menggunakan metode pembelajaran seperti Picture and Picture pada saat belajar. Berbeda saat tidak menggunakan media, mereka cenderung lebih pasif. Dari sini ini dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil. Kata kunci: Interaksi Guru, Perilaku Sosial, Pembelajaran IPS
IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU Astuti Astuti; Hastuti Hastuti; Hosnilawati Hosnilawati; Sukma Erni
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 1 (2022): Vol. 01 No. 1 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.832 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i1.16282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mbuktikan peningkatan pemahaman peserta didik tentang manusia, tempat dan lingkungannya melalui implementasi strategi inkuiri. Metode yang digunakan adalah Tindakan kelas dengan 2 siklus (4 pertemuan). Siklus 1 diperoleh hasil yang cukup baik kendati masih terdapat kelemahan terutama dalam proses pembelajaran yang dilalui siswa. Perbaikan yang dilaksanakan pada siklus ke 2 berdampak pada meningkatnya hasil belajar dan proses terlaksana secara optimal.  Peningkatan  hasil belajar pada siklus I adalah 80% mencapai kriteria kelulusan  dan pada siklus II naik menjadi 90,62%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa strategi inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga tepat digunakan sebagai alternative strategi pembelajaran.
SITUASI SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM Gusniarti Nasution; Nabila Jannati; Violeta Inayah Pama; Eniwati Khaidir
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 1 (2022): Vol. 01 No. 1 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.61 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i1.16541

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji kondisi sosial agama masyarakat Arab sebelum disentuh oleh agama Islam. Hal ini dikarenakan adat istiadat, norma atau nilai yang dianut masyarakat dapat berubah dari waktu ke waktu. Misalnya kasus masyarakat Arab sebelum disentuh Islam yang dikenal dengan sebutan jahiliyah. Sebutan ini secara khusus mengidentifikasi gaya hidup masyarakat Arab pada masa tersebut yang memiliki banyak makna seperti kepercayaan dan keyakinan, adat istiadat dan tradisi serta banyak lagi dari berbagai aspek lainnya. Rentetan peristiwa kehidupan masyarakat Arab yang melatar belakangi lahirnya Islam adalah sangat penting untuk dikaji karena tidak ada satu pun peristiwa di dunia yang terlepas dari konteks sosio-historis dengan peristiwa-peristiwa sebelum dan sesudahnya. Tulisan ini mengunakan metode library research dimana peneliti akan mengkaji dan menganalisa berbagai literatur yang berkaitan dengan  kondisi masyarakat Arab sebelum kedatangan agama Islam dengan tujuan untuk mengembangkan aspek teoretis maupun aspek manfa’at praktis. Hasil yang ditemukan ternyata masyarakat Arab pada masa tersebut yakni sebelum disentuh oleh agama Islam berlaku hukum rimba dimana siapa yang kuat itulah yang berkuasa, siapa yang lemah maka akan tertindas. Seseorang mendapat sanjungan dan pujian jika mempunyai kekuasaan dan akan mendapat pelecehan dan penzoliman jika tidak memiliki kekuasaan. Kondisi sosial dan agama masyarakat Arab sangat tidak kondusif jika dibandingkan dengan kondisi setelah dimasuki agama Islam. Artinya dengan kedatangan agama Islam, maka kondisi sosial agama masyarakat Arab berubah dan menjadi lebih teratur sesuai dengan norma-norma agama Islam. Dengan demikian agama Islam menjadi sangat berpengaruh dalam merubah tatanan kehidupan masyarakat dimana saja di dunia ini. Kata Kunci: Kehidupan Sosial, Agama Islam, Masyarakat Arab
PENGARUH STRATEGI ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 188 PEKANBARU INTAN KARTIKA SARI; ARDI YULIS; Sakilah Sakilah
TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial Vol 1, No 2 (2022): Vol. 01 No. 2 2022
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.421 KB) | DOI: 10.24014/tsaqifa.v1i2.17399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelelajaran dengan strategi role playing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional terhadap interaksi sosial siswa Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengetahui interaksi sosial siswa. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelelajaran dengan model role playing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dengan output perhitungan data juga diketahui Thitung sebesar 5,435 dan nilai P= 0.00.Kata Kunci: role playing, interaksi sosial siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 14