Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Identifikasi Kendala Calon Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik

Dina Amalya Lapele (Institut Agama Islam Negeri Ambon)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mengidentifikasi kendala mahasiswa dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik. Subjek penelitian yaitu 10 mahasiswa pendidikan matematika IAIN Ambon yang merupakan calon guru dan sedang menempuh mata kuliah Microteaching. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berikut adalah perolehan hasil per indikator: a) Indikator 1 dilakukan oleh 3 subjek; b) Indikator 2 dilakukan oleh 9 subjek; c) Indikator 3 dilakukan oleh 7 subjek; d) Indikator 4 dilakukan oleh 8 subjek, e) Indikator 5 dilakukan oleh 2 subjek. Indikator yang paling sedikit dilakukan yaitu indikator 1 dan 5. Subjek mengakui kendala dalam memberikan gambaran mengenai masalah kontekstual yang berhubungan dengan topik yang diajarkan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan subjek tentang kegunaan dari topik tersebut dalam kehidupan. Subjek terlalu terpaku pada hitungan dan prosedur rutin tetapi sangat minim penekanan mengenai konteks dari materi tersebut. Subjek tidak menguasai konteks dari materi sehingga tidak mampu memberikan berbagai masalah kontekstual terkait topik tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...