Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Kajian Learning Obstacle pada Keliling Segiempat Ditinjau dari Literasi Matematis oleh PISA 2021

Salman Farisal (Universitas Pendidikan Indonesia)
Eyus Sudihartinih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Encum Sumiaty (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2022

Abstract

Hambatan belajar (learning obstacle) menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh siswa khususnya pada topik keliling segiempat. Oleh karena itu diperlukan literasi matematis yang baik untuk bisa mengatasi learning obstacle yang dialami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami oleh siswa pada topik keliling segiempat ditinjau dari literasi matematis PISA 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian desain didaktis atau Didactional Design Research pada tahap mengkaji learning obstacle. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini didesain berdasarkan literasi matematis PISA 2021. Partisipan penelitian ini adalah enam siswa SMP kelas 9 yang terdiri dari tiga siswa dari Kota Cirebon dan tiga siswa dari Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami oleh siswa, yaitu LO1. Hambatan pemahaman soal literasi matematis topik keliling segiempat, LO2. Hambatan pemahaman tujuan soal, LO3. Hambatan penguasaan konsep ukuran panjang dan lebar segiempat, dan LO4. Hambatan penguasaan konsep keliling segiempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...