Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Pengembangan Modul Bangun Ruang dan Statistika Berbasis Project Based Learning

Linda Astriani (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Sasnia Akmalia (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi akurasi dan kegunaan modul bangun ruang dan statistik berbasis pembelajaran berbasis proyek. Dalam studi ini, lima langkah model pengembangan ADDIE—Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi digunakan. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan selama tahun ajaran 2021–2022. Analisis data deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif digunakan dalam pendekatan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) uji validitas bahasa sangat valid, dengan skor rata-rata 96%; 2) uji validitas materi sangat valid dengan skor rata-rata 96%; 3) uji validitas media sangat valid dengan skor rata-rata 98%; dan 4) uji kepraktisan sangat valid dengan skor rata-rata 98%. 3) Uji validitas media memiliki nilai rata-rata sangat tinggi yaitu 98%, namun uji kepraktisan memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah. 4) Hasil tes kepraktisan guru memperoleh skor 96% pada kategori sangat praktis, 5) hasil tes praktikalitas kelompok kecil memperoleh skor 96% pada kategori praktis, dan 6) hasil kelompok besar dari tes kepraktisan mendapat skor 97% dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Modul Bangun Ruang dan Statistik yang dibuat dengan menggunakan model ADDIE ini sah dan berguna untuk digunakan pada kurikulum matematika kelas 5 SD semester genap.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...