Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Penerapan Lesson Plan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Unggul Di Bandung Pada Materi Refleksi

Sahat Pandapotan Nainggolan (Institut Teknologi Del)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Pendidikan yang berkualitas akan mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas pula. Namun, pembelajaran yang tidak terencana akan membentuk generasi yang tidak unggul bahkan takut bersaing. Salah satu penyebab pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien dalam mencapai tujuan adalah guru tidak memiliki lesson plan sehingga pembelajaran tidak dipersiapkan dengan matang dan tidak bermutu. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa, tepatnya pemahaman konsep geometri dimana 80% siswa belum tuntas KKM baik siswa kelas X dan XI SMAN 5 Bandung ataupun SMAK 1 BPK Penabur sebagai sekolah unggul. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai dampak dari penerapan lesson plan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi refleksi. Metode penelitian yang digunakan ialah deksriptif-kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Jumlah responden yaitu kelas X dan XI SMAN 5 Bandung yakni 150 dan 125 sedangkan kelas X dan XI SMAK 1 BPK Penabur berjumlah 50 dan 60. Total responden pada penelitian ini yaitu 385 responden. Analisis data menunjukkan bahwa lesson plan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa sehingga pembelajaran pada pemahaman akan konsep geometri menjadi meningkat. Hasil belajar siswa pada kedua sekolah tersebut meningkat 60% untuk SMAN 5 Bandung dan 65% untuk SMAK 1 BPK Penabur juga rasa senang siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika meningkat 88% untuk SMAN 5 Bandung dan 70% untuk SMAK 1 BPK Penabur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...