Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021

Totemisme dalam Iklan Netflix-nya asix: Analisis semiotika iklan perspektif judith williamson

Kukuh giaji (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

ABSTRAK Esai ini berusaha menjelaskan totemisme dalam iklan Netflix-nya Asix dengan meminjam kerangka teoretis semiotika Iklan Judith Williamson (1978). Esai ini akan menunjukkan bagaimana Netflix sebagai petanda diberikan makna oleh penanda-penanda di dalam iklan itu dan selanjutnya dianalisis nilai tukar seperti apa yang tercipta antara konsumen dan iklan, yang dalam konteks ini berwujud totemisme. Iklan Netflix-nya Asix membangun mitos tentang Netflix sebagai produk yang menyehatkan, membugarkan dan juga turut mengkonstruksikan pandangan atas platform yang eksklusif untuk para penggunanya. Aktor atau figur di dalam iklan ini berfungsi sebagai penanda untuk produk dan juga subjek, pelanggan Netflix. Subjek dalam hal ini mengimajinasikan dirinya sebagai individu yang “anti arus utama”, “independen”, dan “alternatif” sebagaimana citra yang dimiliki oleh para figur dalam iklan ini, yaitu Kunto Aji, Ramengvr, dan Barakatak. Kata Kunci: Semiotika, Judith Williamson, Iklan, Netflix, Asix,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dasarupa

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept ...