Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021

Analisis semiotika pada iklan cetak tiket.com “book anytime, go anywhere”

rinta arina (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini berusaha mencoba mengetahui ideologi di balik iklan cetak tiket.com “Book Anytime, Go Anywhere”. Beberapa konsep teoretis semiotika iklan Judith Williamson (1979) menjadi pisau bedah untuk mengetahui ideologi yang bekerja pasa iklan cetak tiket.com “Book Anytime, Go Anywhere”. Tulisan ini menunjukkan bahwa visualisasi iklan ini menunjukkan adanya ideologi patriarki dan sexist yang masih terus beredar di masyarakat, di satu sisi memperlihatkan bahwa perempuan masih tetap diidentikkan pada pekerjaan domestik seperti membersihkan rumah dan mengurus rumah tangga. Namun, di sisi lain menawarkan suatu ‘angin segar’ dalam kehidupan perempuan dengan pekerjaan yang menumpuk dan tak terselesaikan, bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan ‘escape’ dan melupakan pekerjaan tersebut selama beberapa saat dengan melakukan booking tiket perjalanan ke mana saja dan kapan saja. Kata Kunci: Semiotika; Judith Williamson; Iklan; Cetak; tiket.com;

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dasarupa

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept ...