Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
Vol 5, No 4 (2022): Agustus 2022

Pengelompokan Tingkat Kecanduan Game Online Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means

Ammar Muhammad (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Elvia Budianita (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Abstrak - Game online  merupakan aplikasi permainan yang berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi dan bermain peran yang memiliki aturan main dan tingkatan-tingkatan tertentu. Bermain game online  membuat pemain merasa senang karena mendapat kepuasan psikologis. Kepuasan yang diperoleh dari game tersebut akan membuat pemain semakin tertarik dalam memainkannya.Kecanduan game online merupakan aktifitas yang dilakukan secara terus menerus dan berkepanjangan yang menimbulkan sikap yang cenderung menarik diri dari kehidupan sosial.  Penerapan data mining dengan menggunakan metode clustering untuk meneliti tingkat kecanduan game online  dengan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means. Dengan menggunakan metode ini kita dapat menentukan jumlah clustering dan dapat diatur  keragaman tingkat kecanduan berdasarkan clusternya, metode ini juga dapat mendeteksi cluster tingkat tinggi serta hubungan antar cluster yang berbeda. Pengujian pada metode menggunakan metode Silhouette Coefficient. Data kecanduan game online didapatkan dari Pengumpulan data melalui kuisioner yang mengacu kepada  skala Game addict scale (GAS). Dari hasil pengujian didapatkan hasil yaitu  148 record pada cluster 1, 50 record pada cluster 2 dan 102 record pada cluster 3.Kata Kunci: Candu, Clustering, Data Mining, Fuzzy C-Means, Game Online Abstract - Online games are game applications in the form of adventure, strategy setting, simulation and role playing that have certain rules and levels. Playing online games makes players feel happy because they get psychological satisfaction. The satisfaction obtained from the game will make players more interested in playingit. Online game addiction is an activity that is carried out continuously and for a long time which causes an attitude that tends to withdraw from social life. Application of data mining using the clustering to examine the level of online game addiction using the Fuzzy C-Means algorithm. By using this method we can determine the number , and can adjust the diversity of addiction levels based on the clusterthis method can also detect clusters high-level clusters . Testing on the method using the Silhouette Coefficient method. Data on online game addiction is obtained from collecting data through a questionnaire that refers to the Game addict scale (GAS). From the test results, the results obtained are  148 records in cluster 1, 50 records in cluster 2 and 102 records in cluster 3.Keywords: Opium, Clustering, Data Mining, Fuzzy C-Means, Online Game 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jnkti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah tahun 2018. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember baik ...