Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Qr Code Generator untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak

Megawati Indah Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Aman Simaremare (Universitas Negeri Medan)
Yasaratodo Wau (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran, kelayakan media pembelajaran dan mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa TK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan teknik diskusi dan interview dalam mengumpulkan informasi dengan pendekatan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian kelayan media QR Code Generator yang dikembangkan pada skala baik (75% ≤ X < 85%) hingga sangat baik (85% ≤ X ≤ 100%). Hasil evaluasi pembelajaran menunjukan peningkatan secara signifikan (p = 0,000799 < 0,05) untuk ketiga parameter yang dinilai, yakni: penilaian hasil pembelajaran, tingkat antusiasme/kesukaan, dan tingkat kepuasan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pembelajaran berbasis media aplikasi QR Code Generator. Nilai kenaikan akumulatif berdasarkan skala Likert (1-5) juga terlihat dari nilai rata-rata sebesar 1,7 (skala ‘tidak baik’) dengan metode belajar konvensional (pre-test) menjadi rata-rata 4,04 (skala ‘lebih baik’) dengan metode belajar berbasis media aplikasi QR Code Generator.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...