Bio-Lectura
Vol. 9 No. 2 (2022)

PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM

Usman Usman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mila Ermila Hendriyani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ika Rifqiawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah mahasiswa melalui pembelajaran PjBL yang diintegrasikan dengan STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian yaitu mahasiswa yang mengambil MK Anfisman, yang dipilih dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan pemecahan masalah mahasiswa terdapat 19% termasuk kategori cukup, 29% kategori kurang dan 57% kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa ketika mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah biologi adalah kesalahan mentransformasikan informasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan memahami soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...