Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 5 No. 2 (2022): JPPSI, Oktober 2022

Analisis Kesiapan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Pada Masa New Normal Di SMP Negeri 4 Singaraja

Luh Ade Intan Suciati Wijaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Made Pujani (Universitas Pendidikan Ganesha)
Luh Mitha Priyanka (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan analisis kesiapan belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VIII di masa new normal di SMP Negeri 4 Singaraja serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa kelas VIII dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 138 siswa sebagai sumber data kesiapan belajar siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa yang ditinjau dari indikator kesiapan belajar yaitu kondisi fisik, kondisi mental, kondisi emosional, kondisi kebutuhan, kondisi motif, kondisi tujuan, dan kondisi pengetahuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, pemberian angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja secara umum adalah 52,87% siswa yang tergolong sangat baik, 26,41% siswa yang tergolong baik, 15,85% siswa yang tergolong cukup, 4,35% siswa yang tergolong kurang, dan 0,62% siswa yang tergolong sangat kurang. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja dalam mengikuti proses pembelajaran adalah minat, motivasi belajar siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Berdasarkan data hasil penelitian, kesiapan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja di era new normal secara umum dalam kategori baik.

Copyrights © 2022