JURNAL PENJAKORA
Vol. 9 No. 2 (2022): September 2022

Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Berbasis Blended Learning pada Masa Pandemi Covid

Ahmad Muhyidiin (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Sunanto (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
M Tamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Afib Rulyansah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini mengidentifikasi terkait pelaksanaan pembelajaran PJOK berbasis blended learning di masa pandemi covid. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif yang dalam memperoleh data menggunakan data primer dan skunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru PJOK dan enam orang peserta didik kelas VI SDN Jemur Wonosari 1. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada tahap  perencanaan, guru PJOK telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dan media pembelajaran, (2) tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan offline dengan baik, guru dan siswa saling berdiskusi terkait materi yang dipelajari, dan (3) tahap evaluasi ditemukan bahwa ada kemajuan nilai hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK dengan menggunakan blended learning dapat menjadi strategi pembelajaran yang baik untuk menunjang pemahaman peserta didik dalam pelajaran PJOK.

Copyrights © 2022