Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 1 (2018): Arfak Chem

EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X4 SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI (PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA)

Jonison Nauw (Universitas Papua, Manokwari)
Apriani Sulu Parubak (Universitas Papua, Manokwari)
Achmad Rante Suparman (Universitas Papua, Manokwari)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persen efektivitas model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar peserta didik kelas X4 SMA YPK Oikouemene Manokwari pada pokok bahasan ikatan kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X4 SMA YPK Oikoumene Manokwari. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif (pre-experimental) yang menggunakan variabel tunggal yakni efektivitas penggunaan model Problem Solving terhadap hasil belajar peserta didik kelas X4 SMA YPK Oikoumene Manokwari pada pokok bahasan ikatan kimia. Hasil penelitian dilihat dari ketuntasan kelas yang diperoleh menggambarkan efektivitas pembelajaran dengan acuan efektif atau tidaknya dilihat dari 85% ketuntasan kelas yang diperoleh. Efektivitas pembelajaran yang diperoleh peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving sebesar 88,23% dan telah memenuhi kriteria minimum ketuntasan kelas. Hal ini karena pada penerapan pembelajaran dengan model Problem Solving peserta didik mampu menemukan konsep-konsep pada materi ikatan kimia dari bahaan bacaan yang diberikan serta peserta didik mampu terlibat dalam proses belajar mengajar terlihat dari keaktifan peserta didik dalam mengerjakan pertanyaan yang sesuai dengan bahan bacaan yang diberikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...