cover
Contact Name
Achmad Rante Suparman
Contact Email
a.rante@unipa.ac.id
Phone
+6285255466148
Journal Mail Official
journal.accej@unipa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua, Jalan Gunung Salju, Amban, Manokwari Papua Barat 98314.
Location
Kab. manokwari,
Papua barat
INDONESIA
Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Published by Universitas Papua
ISSN : 2615627X     EISSN : 26156288     DOI : https://doi.org/10.30862/accej.v5i1.368
Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry teaching.
Articles 66 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA ADVENT MANOKWARI Ingrit Pungki Sumarandak; Apriani Sulu Parubak; Achmad Rante Suparman
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 1 (2018): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.068 KB) | DOI: 10.30862/accej.v1i1.21

Abstract

Penelitian tentang pengaruh gambar dan metode pengajaran gambar pada hasil belajar kognitif siswa pada bab hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Advent Manokwari, bertujuan untuk membandingkan metode pembelajaran gambar dan gambar dengan metode pengajaran konvensional pada hasil belajar kognitif siswa dan persen pengaruh penggunaan metode pengajaran gambar dan gambar. Penelitian ini menggunakan quasi - experimental dengan pre test dan post test group dengan melibatkan kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi kognitif siswa dari tes esai. Analisis data digunakan untuk menganalisis hasil dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, untuk menganalisis hasil data menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dalam penggunaan model pembelajaran gambar dan gambar. dengan efek 43,4%.
FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA KRISTEN YABT TAHUN AJARAN 2018/2019 Rumi Astuti; Achmad Rante Suparman; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.563 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.79

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Mengetahui faktor penyebab perilaku membolos peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran kimia di SMA YABT Manokwari; 2. Mengidentifikasi berapa jumlah frekuensi perilaku membolos peserta didik berdasarkan faktor penyebabnya; 3. Mencari solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMA Kristen YABT. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui faktor penyebab perilaku membolos peserta didik pada mata pelajaran kimia di SMA YABT Manokwari. Faktor penyebab perilaku membolos peserta didik yaitu faktor individu sebesar 24%, faktor keluarga sebesar 26%, faktor teman sebaya sebesar 24%, serta faktor lingkungan sekolah sebesar 26%. Jumlah frekuensi perilaku membolos peserta didik berdasarkan faktor penyebabnya sebesar berkorelasi lemah sebesar 0,328 dengan perilaku membolos kebanyakan tidak masuk sekolah lebih dari 2 kali dalam seminggu. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMA Kristen YABT yaitu perlu adanya kerjasama yang lebih baik lagi antara orang tua dan guru sehingga perilaku membolos dapat diatasi, sarana prasarana yang lebih dimanfaatkan seperti laboratorium yang digunakan untuk praktikum, dan mengaktifkan kegiatan ekstra kulikuler
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PLASTISIN UNTUK MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KELAS X SMAN 1 SEKADAU Yudie Harisandi
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 3, No 2 (2020): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.855 KB) | DOI: 10.30862/accej.v3i2.306

Abstract

AbstractThe purpose of classroom action research is to solve real problems that occur in the classroom and increase the real activities of teachers in their professional development activities. The classroom action research design used is the Kemmis model, which consists of 4 stages of research, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of data analysis showed that the teacher's activity in implementing discovery learning through animation media on chemical bonding material at SMAN 1 Sekadau increased with a percentage of 88.45% in the first cycle, 92.60% in the second cycle and 96.30% in the third cycle. Student activities in applying discovery learning through animation media on chemical bonding material at SMAN 1 Sekadau have a high percentage value in each activity. The learning outcomes of class X MIA-1 students at SMAN 1 Sekadau, experienced an increase in chemical bonding material after discovery learning was applied through animation media, namely cycle I with classical completeness in cycle I reaching 50%, cycle II 76%, and cycle III 93%. The value obtained is following the KKM standard on chemical bonding materials. Keywords: Classroom Action Research, Plasticine Media, Learning Motivation, Discovery
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DAN KONSEP MOL PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 1 DANAU SEMBULUH SERUYAN KALIMANTAN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Agnes Listiani
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.778 KB) | DOI: 10.30862/accej.v5i1.338

Abstract

AbstrakPenelitian ini berjudul penerapan model Problem Based Learninguntuk meningkatan hasil belajar kognitif kimia materi hukum dasar kimia dan konsep mol peserta didik kelas X SMK N 1 Danau Sembuluh Seruyn Kalimanatan Tengah tahun pelajaran 2020/2021 (Secara Daring). Tujuan penelitian ini, adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran kimia materi hukum dasar kimia dan konsep mol dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reserch (CAR) yang menggunakan data pengamatan langsung terhadap jalannya  proses  pembelajaran  di  kelas.. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa, Penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan rata–rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I 57,89, siklus II 69,47 dan siklus III  81,05. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, pada siklus I 52,63% pada siklus II 73,68% dan pada siklus II 89,47%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia, Konsep Mol, Problem Based Learning dan Peserta Didik
ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA PERSERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA YAPIS MANOKWARI Uli Fitrotul Khasanah; Apriani Sulu Parubak; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.469 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i1.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA di SMA Yapis Manokwari dan untuk mengetahui persentase kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh aspek kesehatan, keluarga, psikologi, sekolah, dan masyarakat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan 15 responden dan data diambil menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan rumus skala dan mendapatkan hasil bahwa ada kesulitan belajar siswa yang disebabkan oleh aspek kesehatan psikologis, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Persentase aspek yang diperoleh yaitu kuesioner positif yaitu 23,71% dari aspek kesehatan, 20,83% dari aspek psikologis, 20,37% dari aspek keluarga, 17,99% dari aspek sekolah dan 23,28% dari aspek komunitas. Dari hasil analisis semakin kecil nilai dari persentase yang diperoleh maka kesulitan belajar semakin besar pengaruhnya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK Yomance Nawipa; Lidya Kristina Tualena
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 3, No 1 (2020): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.724 KB) | DOI: 10.30862/accej.v3i1.295

Abstract

AbstractUntil now, it is still necessary to change the learning model, because education in Indonesia still has problems with the low quality of education caused by the learning process that has not been effective. The purpose of this research is to know the effect of Problem Based Learning or what we usually know as problem-based learning on cognitive learning outcomes. This type of research is a quasi-experimental research design with Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. The population is students of class XI IPA which consists of two classes, namely XI IPA A and XI IPA B with a total of 44 students. Based on the results of the study, it was obtained that the hypothesis that the sig (2-tailed) result was 0.009 smaller than 0.025, it is said that the data hypothesis shows that H0 is rejected and H1 is accepted, that is, there is a significant difference in the cognitive learning outcomes of students in class XI IPA A with the use of the PBL model and class XI IPA B with the conventional model, with a percent effect of 17%. Keywords: Learning model, problem based learning, learning, cognitive
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MARIKIT Nely Tallo
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 4, No 2 (2021): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.932 KB) | DOI: 10.30862/accej.v4i2.322

Abstract

AbstrakPendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.Melalui pendidikan manusia diharapkan agar menjadi berilmu pengetahuan, kreativitas, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang baik, mandiri, dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif kimia peserta didik pada materi bentuk molekul sub materi menentukan atom pusat, PEI dan PEB dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 (tiga) siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X MIPA pada SMA Negeri 1 Marikit dengan sampel yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan (observasi). Hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I yaitu 55 dengan persentase 25%. Siklus II, diperoleh rata-rata nilai evaluasi peserta didik 76, 77 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%. Kemudian pada siklus III terjadi peningkatan kembali terhadap hasil belajar peserta didik yaitu diperoleh rata-rata nilai evaluasi peserta didik 88,33 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 91,67%. Pengamatan terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terdapat tanggapan yang baik dari peserta didik. Kata kunci: Discovery Learning, hasil belajar kognitif, bentuk molekul, Penelitian Tindakan Kelas
PENERAPAN MODEL NUMBEREAD HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA 1 SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI Ria Budiarti; Apriani Sulu Parubak; Christiana Niken Larasati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.165 KB) | DOI: 10.30862/accej.v1i2.48

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA YPK Oikoumene Manokwari pada materi lautan penyangga melalui model pembelajaran Numberead Heads Together (NHT). Model pembelajaran Numberead Heads Together digunakan sebagai alternatif untuk memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus meliputi 4 tahap: (1). Perencanaan, (2) pelaksanaan, (4) obervasi, Refleksi, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik 18 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkan validitas data yang digunakan yaitu validitas instrument. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numberead Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA YPK Oikoumene Manokwari. Untuk Hasil Belajar diperoleh Rata-rata 67.09 dengan ketuntasan 56% pada Siklus I kemudian meningkat nilai rata-rata sebesar 82,05 dengan ketuntasan 83% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 27%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA PESERTA DIDIK DALAM MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 2 MALANG Rifngatun Hayati
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 2, No 2 (2019): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.32 KB) | DOI: 10.30862/accej.v2i2.290

Abstract

Abstract This research is a Classroom Action Research that aims to improve learning outcomes of chemistry in class X MIPA 5 students with chemical bonding material at SMA Negeri 2 Malang in the 2019/2020 academic year using the application of the Discovery Learning learning model.  In this study using 3 cycles.  The results showed that there was an increase in student learning outcomes after the application of the discovery learning model, namely in cycle 1 of 65.5;  in the second cycle 72 and the third cycle of 8. Keywords: Classroom Action Research, Chemical Bond, Discovery Learning, Learning outcomes 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK Yuliana Mariana; Siti Maesyaroh
Arfak Chem: Chemistry Education Journal Vol 4, No 1 (2021): Arfak Chem
Publisher : Universitas Papua, Manokwari, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.575 KB) | DOI: 10.30862/accej.v4i1.313

Abstract

AbstractThe education had important role in efforts to progress in the future. The purpose of this study was to improve student learning outcomes through the application of the Problem Based Learning learning model on the colligative nature of the solution in class XII IPA SMA YPK Immanuel Manokwari and to see the large increase in student learning outcomes on the subject matter of the colligative nature of the solution. This study used a classroom action research model (PTK) with Kurt Lewis's CAR model which consisted of two cycles with each cycle having four stages, namely planning, action, observation and reflection. The increase in student learning result can be seen from the pre-test and post-test results that have been given to students. The data obtained were then analyzed using descriptive analysis techniques with the help of Microsoft Excel 2010 to describe the improvement in each cycle. After being analyzed, it is seen that the application of the Problem Based Learning learning model can improve the learning outcomes of students in class XII IPA SMA YPK Immanuel Manokwari on the colligative nature of the solution. This can be seen from the increase in learning outcomes of students who have reached KKM ≥ 70 in cycle I by 40%, increasing by  to 80% at the end of cycle 2 with high classical completeness. In addition, there is an increase in the average learning outcomes of cycle 1 by 56.33 to cycle 2  by 72.68. Keywords: Problem Based Learning, learning outcomes, colligative solution, Classroom Action Research