Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap penguasaan materi Konfigurasi Elektron pada siswa kelas X. Untuk riset ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (X IPA 1) dan kelas kontrol (X IPA 2). Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji dua pihak, yaitu uji-t. Hasil riset menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 7,02 dan 6,00. Selain dari nilai rata-rata, perbedaan juga dapat dilihat dari jumlah siswa yang memperoleh nilai sub sumatif ≥ 6,50 (nilai batas tuntas belajar) yaitu untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 33 orang (75,00%) dan 24 orang (53,33%).
Copyrights © 2022