Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK KELAS XII IPA.2 SMA NEGERI 2 SARMI PADA MATERI SEL ELEKTROLISIS

Iriani Iriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

AbstrakModel pembelajaran yang diupayakan dapat menjadi solusi untuk memperbaiki proses pembelajaran agar peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor peserta didik adalah model pembelajaran penemuan atau discovery learning dimana peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri konsep ataupun prinsip secara mandiri melalui tahapan proses mengamati, mengidentifikasi masalah, menggali informasi, menganalisis informasi, mengambil kesimpulan dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. Dengan demikian, proses pembelajaran akan berubah arah dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Discovery Learning .Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor peserta didik kelas XII IPA2 SMA Negeri 2 Sarmi pada materi Sel Elektrolisis. Besarnya peningkatan Penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik secara klasikal adalah 21,17 %. Besarnya peningkatan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap ketuntasan hasil belajar psikomotor peserta didik adalah 58 %.Kata Kunci: Model Pembelajaran, PTK, Discovery Learning, Sel Elektrolisis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...