Istoria : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari
Vol 4, No 2 (2020): September

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 6 MUARO JAMBI

Mawiyah, Ferry Yanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

AbstrakThis research departs from what happened at SMAN 6 Muaro Jambi where online learning has been carried out since the spread of the Corona virus or COVID-19 so that students carry out learning activities at home.This research aims to determine online learning and the effectiveness of the implementation of online learning in history subjects in class X SMAN 6 Muaro Jambi. The research method used in this research is qualitative with a case study model. This research was conducted at SMAN 6 Muaro Jambi. The subjects in this study were teachers and participants in class X SMAN 6 Muaro Jambi. Data collection was carried out by observation, interviews, documents and documentation. Based on the results of the research conducted, it shows that the history teacher of class X at SMAN 6 Muaro Jambi has used the syllabus that has been developed by the Ministry of Education and Culture as a guideline for preparing the Learning Implementation Plan (RPP). Online learning will continue to be carried out considering the incomplete Covid-19 outbreak in Indonesia. The lack of facilities and infrastructure which is influenced by economic factors and technological unpreparedness is also an obstacle to the ongoing online learning activities in class X SMA Negeri 6 Muaro Jambi. So that the learning outcomes provided by students are not 100% smooth or effective.Keywords: Online Learning, History LearningĀ AbstrakPeneltian ini berangkat dari apa yang terjadi di SMAN 6 Muaro Jambi dimana pembelajaran daring dilakukan semenjak adanya penyebaran virus Corona atau COVID-19 sehingga siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui pembelajaran daring dan efektivitas dari pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran sejarah di kelas X SMAN 6 Muaro Jambi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan model studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Muaro Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didi kelas X SMAN 6 Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa guru sejarah kelas X SMAN 6 Muaro Jambi sudah menggunakan silabus yang telah dikembangkan oleh Kemendikbud sebagai pedoman penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembelajaran daring akan terus dilakukan mengingat belum tuntasnya wabah Covid-19 di Indonesia. Kurang nya sarana dan prasarana yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan ketidaksiapan teknologi juga menjadi suatu hambatan dalam berlangsungnya kegiatan belajar daring di kelas X SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Sehingga hasil belajar yang diberikan oleh pemelajar tidak 100% lancar atau efektif.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

OJSISTORIA

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan April dan September yang berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka) kajian teoretis maupun ...