J@TI (TEKNIK INDUSTRI)
Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022

USULAN STRATEGI PENINGKATAN KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUTUSAN BOOKING PELANGGAN HOTEL X

Jasmine Raisya Salsabila (Universitas Telkom)
Agus Achmad Suhendra (Universitas Telkom)
Ilma Mufidah (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Hotel X merupakan salah satu hotel di Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang didirikan pada tahun 2005. Hotel X termasuk dalam klasifikasi hotel bintang 1 yang berada di Kuningan. Dalam upaya pemasarannya Hotel X melakukan digital marketing menggunakan website, Instagram dan bahkan selama 6  bulan terakhir bekerja sama dengan virtual hotel operator untuk meningkatkan tingkat booking dari kamar hotel. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan online consumer review terhadap kepercayaan pelanggan dan keputusan booking dari pelanggan Hotel X dan juga upaya peningkatannya menggunakan marketing mix berdasarkan hasil wawancara. Populasi dalam penelitian kali ini adalah pelanggan yang sudah pernah melakukan booking Hotel X. Ukuran sampel diambil sebanyak 104 responden, dengan menggunakan metode probability sampling khususnya simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis SEM Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa  hanya online consumer review yang mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan keputusan booking. Berdasarkan hasil analisis marketing mix diperlukan adanya peningkatan strategi pada variabel product, price, promotion dan customer relations.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jgti

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri [e-ISSN 2502-1516] merupakan jurnal nasional yang mengangkat tulisan-tulisan penelitian dalam disiplin ilmu teknik industri. Pertama kali terbit sejak tahun 2006 hingga saat ini dengan frekuensi terbit tiga (3) kali dalam setahun. Setiap edisi terbitan berisi 8 ...