Permasalahan utama dari kegiatan ini berdasarkan hasil observasi dan diskusi terhadap guru produktif jurusan teknik elektronika di SMK Negeri 2 Makassar dalam hal mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh guru yaitu terbatasnya peralatan praktikum khusus PLC yang menyebabkan sekolah kesulitan dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran praktikum PLC, rendahnya kompetensi guru di bidang PLC hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan pengetahuan dalam mengajarkan materi pembelajaran praktikum PLC kepada siswa secara menarik, inovatif, dan kreatif dan mampu membangkitkan gairah siswa dalam belajar dan belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran berupa trainer PLC. Oleh karena itu dilakukan pelatihan untuk guru produktif jurusan teknik elektronika industri di SMK Negeri 2 Makassar supaya guru dapat menguasai konsep pemprograman PLC dengan menggunakan logika kobinasional, sekuensial, dan fungsi-fungsi khusus dalam struktur dasar pemrograman PLC, seperti meningkatkan keterampilan mereka dalam merangkai serta memprogram PLC, merencanakan pemrograman PLC dengan menggunakan logika kobinasional, sekuensial, dan fungsi-fungsi khusus dalam struktur pemrograman PLC. Adapun hasil yang dicapai yaitu setelah pelatihan ini adalah guru dapat memahami tentang komponen dasar PLC, aplikasi PLC untuk simulasi, dapat merakit sistem kontrol PLC
Copyrights © 2022