Jurnal Bangun Manajemen
Vol. 1 No. 1: Mei 2022

PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS MAKANAN KAKI LIMA SATE TAICHAN TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI KEMBALI DI KAWASAN SENAYAN, JAKARTA SELATAN

Kevin G . Yulius (Fakultas Pariwisata, Universitas Pelita Harapan, Tangerang)
Audelia S. Millenia (Universitas Pelita Harapan)
Delvino V. Sutarna (Universitas Pelita Harapan)
Theofilus Y. Joselino (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas makanan kaki lima sate Taichan terhadap minat mengunjungi kembali di kawasan Senayan, Jakarta Selatan selama masa pandemi COVID-19. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 6 faktor yaitu, Kualitas makanan, Keamanan pangan, Harga, Lingkungan, Pertimbangan kesehatan, dan Risiko COVID-19 berpengaruh terhadap minat mengunjungi kembali. Penelitian ini bertujuan memberikan keterangan tentang faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang disebarkan kepada 145 responden. Data yang terkumpul tersebut kemudian akan diolah menggunakan SPSS dan akan dilakukan pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Setelah itu hasil kuesioner akan melalui uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis parsial, dan uji hipotesis simultan untuk menguji hipotesis dan menjawab rumusan masalah. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang digunakan valid dan reliabel. Uji korelasi berganda dan koefisien determinasi menunjukkan pengaruh yang tidak terlalu kuat antara variabel independen dan dependen. Uji hipotesis parsial menunjukkan tiga variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen dan tiga sisanya tidak berpengaruh secara signifikan. Sementara uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Variabel independen lain yang mungkin mempengaruhi minat kunjungan kembali dalam penelitian ini adalah aksesibilitas, tren, infrastruktur, dan lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Manajemen is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research. E-ISSN: 2830-1862 and SK: 0005.28301862/K.4/SK.ISSN/2022.06. Jurnal Manajemen invites manuscripts in the various topics include, but are not limited to: Finance and Banking ...