cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
jepersonhutahean@gmail.com
Phone
+6281266157563
Journal Mail Official
jepersonhutahean@gmail.com
Editorial Address
Jl. Acces Road Kuala Tanjung Inalum No. 29 Dusun: Bahagia Kelurahan: Pakam Raya Selatan Kecamatan: Medang Deras
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Bangun Manajemen
ISSN : -     EISSN : 28301862     DOI : https://doi.org/10.56854/jbm.v1i1
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Manajemen is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research. E-ISSN: 2830-1862 and SK: 0005.28301862/K.4/SK.ISSN/2022.06. Jurnal Manajemen invites manuscripts in the various topics include, but are not limited to: Finance and Banking Econometric Applications Time Series Econometrics Cross-section Data Econometrics Panel Data Econometrics Financial Econometrics International Trade and Development Tourism Economics Business Economics Micro Finance International Finance Economics, Finance, and Management of Education Management, Marketing, Human Resources, Organizations, Management Information Systems
Articles 19 Documents
THE IMPLEMENTATION OF PROMOTIONAL STRATEGIES DURING COVID 19 PANDEMIC TO INCREASE PRODUCT SALES Ira B Hubner; Juliana Juliana; Sonny Saputra; Arifin Djakasaputra
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.156 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i1.10

Abstract

Salah satu bentuk usaha yang berkembang pesat di industri makanan dan minuman adalah kedai kopi. Namun, sejak munculnya pandemi virus COVID-19 di Indonesia, pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Aturan ini dibuat untuk mencegah penyebaran virus. Namun kondisi tersebut berdampak pada kegiatan operasional dan penurunan pendapatan kedai kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar dampak pandemi covid-19 terhadap penjualan makanan dan minuman, serta untuk mengetahui penerapan strategi promosi pada kedai kopi Maxx Coffee di The Breeze. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus naratif atau deskriptif. Metode ini merupakan penelitian yang digunakan untuk menggambarkan suatu gejala, suatu peristiwa yang terjadi pada saat ini atau suatu masalah yang sebenarnya. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara pribadi dengan pelaku operasional usaha dan dokumentasi lapangan. Analisis data yang dilakukan adalah deskriptif analitik berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan kemudian menjadi hipotesis atau teori. Deskriptif analitik membahas bagaimana penulis merangkum sekumpulan data sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada perbandingan tingkat penjualan sebelum dan sesudah pandemi covid-19. Strategi promosi baru yang tidak monoton harus dilakukan untuk dapat menumbuhkan kembali minat beli konsumen yang berujung pada peningkatan pendapatan penjualan pada Maxx Coffee The Breeze.
PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN TAMU GENERASI Z DALAM MENGINAP DI HOTEL FOUR POINTS, BALI Julita Julita; Hairuni Papuania; Meita Orlina; Michelle Michelle
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.601 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu generasi Z dalam menginap di Hotel Four Points, Bali. Generasi Z dipilih dikarenakan generasi ini merupakan generasi yang mendominasi populasi di Indonesia dan cenderung realitistis dalam memberikan penilaian. Baik data primer maupun data sekuder dikumpulkan dalam penelitian ini. Data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan publikasi terkait lainnya. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden secara online dengan teknik purposive sampling. Jumlah responden yang menjawab kuesioner yakni 140 responden dan menghasilkan tanggapan yang valid dan setiap item pernyataan juga dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan didapatkan bahwa dimensi-dimensi service quality yakni tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy berpengaruh secara positif terhadap kepuasan tamu menginap. Service quality (X) mempengaruhi variabel kepuasan tamu menginap (Y) sebesar 72.8%. Angka determinan faktor 72.8% ini cukup tinggi, sehingga dapat diartikan kelima dimensi service quality mampu sebagian besar menjelaskan kejadian kepuasan tamu menginap yakni Generasi Z di hotel Four Points Bali.
PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS MAKANAN KAKI LIMA SATE TAICHAN TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI KEMBALI DI KAWASAN SENAYAN, JAKARTA SELATAN Kevin G . Yulius; Audelia S. Millenia; Delvino V. Sutarna; Theofilus Y. Joselino
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.701 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas makanan kaki lima sate Taichan terhadap minat mengunjungi kembali di kawasan Senayan, Jakarta Selatan selama masa pandemi COVID-19. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 6 faktor yaitu, Kualitas makanan, Keamanan pangan, Harga, Lingkungan, Pertimbangan kesehatan, dan Risiko COVID-19 berpengaruh terhadap minat mengunjungi kembali. Penelitian ini bertujuan memberikan keterangan tentang faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang disebarkan kepada 145 responden. Data yang terkumpul tersebut kemudian akan diolah menggunakan SPSS dan akan dilakukan pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Setelah itu hasil kuesioner akan melalui uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis parsial, dan uji hipotesis simultan untuk menguji hipotesis dan menjawab rumusan masalah. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang digunakan valid dan reliabel. Uji korelasi berganda dan koefisien determinasi menunjukkan pengaruh yang tidak terlalu kuat antara variabel independen dan dependen. Uji hipotesis parsial menunjukkan tiga variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen dan tiga sisanya tidak berpengaruh secara signifikan. Sementara uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Variabel independen lain yang mungkin mempengaruhi minat kunjungan kembali dalam penelitian ini adalah aksesibilitas, tren, infrastruktur, dan lainnya.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP PENJUALAN SAMBAL HIYUNG Vasco A.H Goeltom; Jimmy Muller Hasoloan Situmorang; Cindy Cindy
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.978 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i1.13

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh Sambal Hiyung adalah belum dikenalnya Sambal Hiyung dan masih belum tercapainya target penjualan dari Sambal Hiyung selama enam bulan terakhir, selain itu jumlah penjualannya justru menurun dan mengalami stagnasi penjualan selama tiga bulan terakhir. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh marketing mix dan perceived quality terhadap penjualan Sambal Hiyung. Penelitian ini dibuat dengan jenis metode penelitian kuantitatif dan dengan menggunakan tipe asosiatif kausal. Penelitian ini juga menggunakan purposive sampling dengan sampel konsumen yang pernah melakukan pembelian Sambal Hiyung di kota Tangerang minimal satu kali dalam tiga bulan terakhir dan harus berusia 17 tahun keatas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda. Marketing mix dan perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk-produk Sambal Hiyung. Untuk dapat lebih dikenal lagi, Sambal Hiyung sebaiknya dapat meningkatkan promosinya yaitu dengan promosi dari mulut ke mulut dan promosi dengan beralih ke iklan media sosial yang dapat diviralkan. Sambal Hiyung perlu untuk melakukan survei kepada pelanggan terlebih dahulu mengenai preferensi rasa yang lebih disukai oleh pelanggan sehingga dapat menangkap peluang dengan lebih tepat dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
KETERAMPILAN KARYAWAN INDUSTRI PERHOTELAN:DEPARTEMEN KANTOR DEPAN Wulanmeiaya Wowor; Anastasia C. Angelina; Florentina Bustari; Lisya Lisya
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 1: Mei 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.717 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i1.14

Abstract

Departemen kantor depan hotel memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan kesan positif bagi tamu. Namun demikian, pengelola hotel seringkali kurang memahami pentingnya keterampilan bagi karyawan kantor depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi karyawan tentang pekerjaan kantor depan dan menganalisa keterampilan yang dibutuhkan karyawan departemen kantor depan hotel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian merupakan karyawan departemen kantor depan hotel bintang satu dan dua di Semarang sejumlah 66 responden. Dari 66 kuesioner yang disebarkan, terdapat 57 kuesioner yang dapat diolah. Wawancara dilakukan untuk melengkapi dan mendukung data kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan departemen kantor depan memiliki persepsi positif terhadap pekerjaannya. Dibutuhkan sejumlah keterampilan bagi karyawan departemen kantor depan dalam melaksanakan pekerjaan. Keterampilan berkomunikasi secara lisan merupakan keterampilan yang paling dibutuhkan.
ANALISIS PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA HOTEL BINTANG 5 DI JAKARTA PUSAT Julita Julita; Rachelle Rachelle; Rachel Quinella
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.145 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i2.66

Abstract

There are more 5-star hotels in Central Jakarta compared to other areas in DKI Jakarta, therefore the purpose of this study is to determine the effect of service quality on brand loyalty and its implications for repurchase intention at five-star hotels in Central Jakarta. This study uses a survey method and data collection is carried out on every respondent who has stayed at a 5-star hotel in Central Jakarta. The sample used in this study amounted to 260 respondents using convenience sampling technique. The data analysis technique was carried out using Partial Least Square (PLS) with the Structural Equation Modeling (SEM) equation model with the aim of testing the collected data. Then the findings from this study are in 5-star hotels in Central Jakarta, service quality has an influence on brand loyalty which is the tendency of hotel guests to use and will continue to buy products or use services from the same 5-star hotel for a certain period of time because of the strong relationship. nurtured. And from the influence of service quality on brand loyalty in 5-star hotels, it has implications for repurchase intention as a form of hotel guest behavior who gives a positive response to 5-star hotels where hotel guests stay and intends to revisit or consume services received from the hotel. the 5 star. Keywords: 5-star hotels, service quality, brand loyalty, repurchase intention
PENGEMBANGAN KUE SUS DENGAN CITA RASA JAJANAN TRADISIONAL INDONESIA Febryola Indra; Verenia Novelia Christabel; Cecilia Cecilia
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.654 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i2.92

Abstract

Traditional Indonesian snacks are foods that are one of the cultural assets of the Indonesian state, not only ancient people who need to know and learn them, but also need to be taught from generation to generation so that Indonesian cultural assets are not lost. Along with the rapid development of the times, making some people, especially the younger generation, less aware of the existence of traditional cakes and more familiar with modern food, one of which is Choux au Craquelin from France. Choux is a food that almost everyone knows, especially the younger generation, of course, will know Choux and in Indonesian it is usually known as “Soes”. Choux texture is crispy on the outside and filling that fills the inside of Choux with a filling taste that tends to be modern. Therefore, the author wants to develop Choux au Craquelin by applying 15 variations of traditional Indonesian snack flavors to Choux filling. Keywords: Traditional Snacks; Choux au Craquelin; Food.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 Wily Julitawaty
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.105 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i2.93

Abstract

Saat pandemi berlangsung semua bekerja dan belajar dari rumah. Penggunaan teknologi yang masih sedikit, menjadikan setiap orang belajar dalam menggunakan semua media online yang ada. Belajar dan terus berdaya guna meskipun dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Keefektifan Pembelajaran biasa diukur dengan tingkat pencapaian isi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran daring di masa pandemi ini. Pernyataan ini menggunakan sepuluh indikator dalam pembagian angket. Dalam hal ini perlunya pembelajaran dan penguasaan teknologi, perlunya dukungan teknologi yang memadai dan perlunya proses pembelajaran yang tercapai dengan baik.
EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK FLASH COFFEE DI JABODETABEK Ira B Hubner; Jessica Virgiana Wijaya; Kharis Dwi Nugraha
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.125 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i2.94

Abstract

Bisnis minuman mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan dikala perekonomian mengalami penurunan karena dampak pandemi. Kopi merupakan sebuah olahan minuman yang menggunakan biji kopi sebagai bahan dasar utamanya. Secara umum, kopi merupakan minuman yang sangat mudah untuk diolah yaitu dengan cara menghaluskan biji kopi dan dicampurkan dengan air panas. Namun seiring berkembangnya zaman, kopi mengalami banyak perkembangan dalam pengolahannya, sehingga kopi terus menjadi salah satu minuman yang trend dan diminati oleh semakin banyak orang. Dengan meningkatnya demand akan minuman kopi, maka semakin berkembang upaya bisnis di bidang penjualan kopi. Dengan semakin banyaknya bisnis penjualan kopi, maka semakin tinggi juga persaingan di antara pebisnis. Hal ini menyebabkan pebisnis harus terus memperbaharui produk sekaligus upaya promosi yang dilakukan. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pebisnis dalam melakukan promosi, diantaranya adalah promosi melalui daring yang diakui sangat efektif dalam meningkatkan branding dan pengenalan produk yang akan dijual kepada masyarakat. Salah satu media promosi yang digunakan secara daring adalah media sosial Instagram. Instagram merupakan sosial media yang berfokuskan pada foto dan video. Media sosial Instagram merupakan sebuah platform media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak sehingga dapat diharapkan promosi yang dilakukan melalui Instagram akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tujuan dari melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa sosial media Instagram berguna sebagai media promosi yang efektif untuk produk Flash Coffee. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan pengumpulan data sekunder untuk menghasilkan data yang akurat dan dapat diolah sehingga dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media sosial Instagram sangat efektif bagi Flash Coffee dalam meningkatkan brand awareness, memanfaatkan mention sebagai natural influencer, Instagram juga memiliki fitur yang sangat bermanfaat bagi upaya promosi seperti Insight, Story, Feeds, Highlight, dan Reels. Didapati juga bahwa engagement follower terus meningkat jika content yang dikembangkan juga mengikuti trend pasar.
THE ROLE OF SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA KOPI KENANGAN) Sandra Maleachi; Juliana Juliana; Abigail Valencia Sutjipto; Jessalyn Tanubrata; Josephine Jane
Jurnal Bangun Manajemen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.96 KB) | DOI: 10.56854/jbm.v1i2.95

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui pengaruh pemasaran jejaring media sosial kopi kenangan dan keterikatan konsumen kopi kenangan terhadap niat beli konsumen. Salah satu bentuk pemasaran adalah e-marketing (pemasaran elektronik) atau online marketing yang berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan pemasaran.. Akibatnya, media sosial semakin banyak digunakan sebagai sarana promosi produk. Hal ini dapat berpengaruh pada keterikatan konsumen (customer engagement) dimana keterikatan konsumen adalah hubungan komunikasi antara produsen dengan konsumen yang terbentuk melalui interaksi dan pengalaman yang dirasakan pelanggan secara keseluruhan terhadap produk atau jasa yang mereka pilih. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Probability Sampling yang berarti teknik pengambilan sampel secara acak. Metode yang digunakan dalam probability sampling ini yaitu Stratified Random Sampling. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dimana Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui google form (Online Questionnaire). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pemasaran jejaring media sosial mempengaruhi niat beli konsumen, (2) Keterikatan konsumen mempengaruhi niat beli konsumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 19