At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam
Vol. 3 No. 1 (2021): Ahwal syakhshiyah, Pendidikan Agam Islam, Ekonomi Islam

NILAI-NILAI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE (ANALISIS FILM RUDY HABIBIE “HABIBIE & AINUN 2”)

Ahmad Alkindi (Universitas islam Indonesia)
Almas 'Adha (Universitas islam Indonesia)
Nisa Lenia (Universitas islam Indonesia)
Utami Qonita (Universitas islam Indonesia)
Wanti Nur (Universitas islam Indonesia)
Syaifulloh Yusuf (Universitas islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi sosok inspiratif dimata generasi muda dimana ia memiliki karakter yang patut diteladani. Penelitian ini merupakan penelitian yang secara garis besar berfokus pada analisis nilai karakter dalam film Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai-nilai karakter yang terdapat pada Bacharuddin Jusuf Habibie selaku tokoh utama film Rudy Habibie dan bagaimana implementasinya dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan, yang menggunakan paradigma kualitatif. Tahapan penelitian dimulai dari penentuan objek analisis, pengumpulan data-data informasi, pengkajian klasifikasi secara deskriptif, dan penyimpulan mengenai analisis nilai-nilai karakter serta implementasinya dalam dunia pendidikan melalui film tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter Bacharuddin Jusuf Habibie di dalam film ini adalah toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, religius, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab, cinta tanah air, peduli sosial dan lingkungan, serta berprinsip. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai karakter ini sangatlah relevan dengan pendidikan demi membentuk karakter generasi muda yang menjadi penerus bangsa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

thullab

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and ...