Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 11 No. 1 (2022): Juni

Analisis Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Siswa SMK: Studi Kepustakaan

Lydia Sri Rosdiana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rahajeng Gusti Amparan Wangi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Risma Febyanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Feri Hidayatullah Firmansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Bimbingan karir merupakan satu dari serangkain program pendidikan yang dilaksanakan di sekolah, adanya bimbingan karir menjadi suatu wadah yang hendaknya diberikan kepada para siswa guna memfasilitasi keoptimalan pada dirinya dalam menjalani tahap perkembangan diri. Namun berdasarkan kenyataan di lapangan dan dirasakan sendiri oleh penulis, bimbingan karir yang ada di sekolah belum secara optimal diberikan kepada siswa terutama bagi siswa SMK. Oleh karena hal itu, penulis tertarik untuk mencari tau seberapa besar urgensi diberikannya bimbingan karir bagi siswa SMK, juga mengkaji pengaruh pemberian bimbingan karir yang optimal kepada siswa SMK dalam persiapannya untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau Library Research. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari situs online yang menyediakan buku, jurnal dan artikel ilmiah seperti Google Books dan Google Schoolar. Teknik yang digunakan peneliti dalam studi kepustakaan ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan cara mencari data yang relevan dengan topik berupa buku, makalah, artikel, jurnal, atau catatan dari penelitian terdahulu. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau biasa disebut dengan Content Analysis. Kesimpulan yang diperoleh yaitu bimbingan karir membantu siswa dalam menentukan sendiri studi yang akan mereka tempuh juga menyesuaikannya berdasarkan minat/bakat serta cita-cita mereka. Adanya bimbingan karir juga membantu mereka dalam melihat secara transparan tentang apa yang nantinya akan mereka tempuh ketika masuk ke dunia kerja. Kata kunci: Bimbingan Karir, SMK, Karir

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...