Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konteks teknologi terhadap aktivitas bisnis melalui penggunaan e-bisnis di Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Aktivitas bisnis UMKM pada penelitian ini meliputi aktivitas logistik, produksi, pemasaran, dan pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden berjumlah 145 UMKM yang menggunakan e-bisnis untuk kepentingan bisnisnya di kota Bandung. Analisis yang digunakan pada penelitian adalah Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk menguji model dan hipotesis. Hasil penelitian menjabarkan konteks teknologi berpengaruh siginifkan terhadap penggunaan e-bisnis dan aktivitas bisnis UMKM. Penggunaan e-bisnis pada UMKM juga memiliki pengaruh signifikan pada aktivitas bisnis terutama pemasaran dan pelayanan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur peningkatan penggunaan e-bisnis pada UMKM dan pemahaman pentingnya konteks teknologi dalam penggunaan e-bisnis sehingga produktivitas aktivitas UMKM lebih baik.
Copyrights © 2022