Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM)
Vol 1 No 1 (2021): BULETIN RISET PSIKOLOGI DAN KESEHATAN MENTAL

Strategi Regulasi Emosi terhadap Stres Akademis selama Menjalani Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19

Arini Rachmawati (Universitas Airlangga)
Ika Yuniar Cahyanti (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Perkuliahan daring akibat adanya pandemi Covid-19 berpotensi memicu stres akademis pada mahasiswa. Penggunaan strategi regulasi emosi yang tepat dianggap dapat membantu mahasiswa untuk mereduksi stres akademis. Peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan antara strategi regulasi emosi dengan stres akademis pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan kepada 285 mahasiswa Universitas Airlangga (237 perempuan dan 48 laki-laki) dengan menggunakan kuesioner. Peneliti menggunakan Student-life Stress Inventory untuk mengukur stres akademis dan Emotion Regulation Questionnaire untuk mengukur strategi regulasi emosi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa p=0,477 untuk cognitive reappraisal dengan stres akademis dan p=0,249 untuk expressive suppression dengan stres akademis. Variabel dapat dikatakan saling berhubungan apabila nilai p<0,05 .Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi regulasi emosi dengan stres akademis pada mahasiswa selama menjalani kuliah daring. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRPKM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM) adalah jurnal yang dikelola oleh Unit Penelitian dan Publikasi Psikologi (UP3), Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, merupakan media diseminasi atas penelitian-penelitian yang dilakukan oleh civitas akademik Fakultas Psikologi Universitas ...