Kybernology : Journal of Government Studies
Vol 1, No 1 (2021): April 2021

Strategi Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Dalam Mengembangkan Objek Wisata Permandian Alam Lewaja Di Kabupaten Enrekang

Fatmawati Fatmawati (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ahmad Harakan (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hardianto Hawing (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Strategi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Dalam Mengembangkan Objek Wisata Permandian Alam Lewaja di Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah sekrataris dinas pemuda olahraga dan pariwisata Kabupaten Enrekang, bidang keuangan dispopar, bidang kasi sarana dan pariwisata selaku penanggung jawab wisata permandian alam lewaja serta penggunjung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.Hasil penelitian menujukkan bahwa Pengembangan objek wisata permandian alam lewaja diperlukan peran penting sumber daya manusia yang menjalankan aktivitas pengembangan. Proses pengembangan melakukan pelatihan dan pendidikan dengan cara membangun mitra dengan menghadirkan pemateri yang memiliki kapasatias pengetahuan tentang kepariwisataan. Anggaran dana yang dikeluarkan mencapai Rp.130.000.000 dari total anggaran Rp. 170.000.000  dari total disiapkan tahun 2020. Sisa dana tersebut akan terus dimaksimalkan hingga akhir tahun 2020. Wahana yang disediakan saat ini adalah kolam renang dan air terjun permandian alam lewaja hanya saja perlu memperhatikan kualitas air dan menjaga keberishan fasilitas serta perlunya penambahan waahana. Secara regulasi penerapan tidak begitu mengikat pengunjung dan bersifat fleksibel tetap harus memperhatikan keselamatan pengunjung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kybernology

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kybernology : Journal of Government Studies is a peer-reviewed open access journal that aims to spread conceptual thinking or ideas, review and the research findings obtained in Governmental ...