Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora (JISPENDIORA)
Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus : Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora (JISPENDIORA)

Strategi Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT Almanar

Wasilah Wasilah (Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangkaraya)
Tutut Sholihah (Dosen Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Pemberdayaan tenaga kependidikan dilakukan dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dengan focus penelitian proses penyadaran dan pemberian daya kepala sekolah pada tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu di SDIT Almanar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan 1) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/ veriffication). Hasil dari penelitian ini adalah; Penyadaran tenaga kependidikan dilakukan terhadap tiga komponen utama madrasah. Proses penyadaran kepala madrasah dilakukan melalui pengalaman dan analisis personal, studi banding, pembinaan, supervisi pengawas, serta aspirasi komite. Proses penyadaran tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan melalui internalisasi visi, misi dan tujuan madrasah, keteladanan kepala madrasah, pemotivasian, pelibatan tenaga pendidik dan kependidikan dalam kegiatan workshop dan seminar terkait pendidikan. Proses penyadaran komite madrasah dilakukan melalui pendekatan personal pengelola madrasah, forum rapat terbatas, laporan lembaga dan rapat umum komite. Pemberian daya kepala sekolah diwujudkan berupa pemberian wewenang sesuai tupoksi, bimbingan tenaga pendidik, dan memimpin pencapaian mutu pendidikan. Pemberian daya tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan melalui pemberian wewenang dan tanggung jawab dan secara bersama mengelola program unggulan. Pemberian daya komite madrasah diwujudkan dalam kepercayaan terlibat penyusunan program kerja dan kewenangan melengkapi sarana prasarana yang tidak mampu dibiayai madrasah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jispendiora

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, serta menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi dan pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel penelitian terkait Ilmu Sosial, Pendidikan Dan ...