Journal of Social Empowerment
Vol. 4 No. 1 (2019): Journal of Social Empowerment

Penerapan Metode Fun Learning sebagai Media Penyuluhan Kebersihan dan Kesehatan Mulut

Taufik Hidayat (Unknown)
Siti Mariyam (STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Fokus penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa dalam memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengetahuan siswa kelas 1 SDN Worawari 2 terhadap pemahaman menjaga kebersihan dan kesehatan mulut menggunakan metode Fun Learning. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana pengetahuan siswa kelas 1 SDN Worawari 2 dalam memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan anggota tubuh khususnya kebersihan mulut menggunakan metode Fun Learning. Berdasarkan penelitian didapatkan sebuah data bahwa siswa kelas 1 SDN Worawari 2 lebih mudah memahami materi penyuluhan kebersihan dan kesehatan mulut menggunakan metode Fun Learning dibandingkan dengan metode demonstrasi. Kesimpulannya metode Fun Learning berhasil digunakan dalam kegiatan penyuluhan kebersihan dan kesehatan mulut siswa kelas 1 SDN Worawari 2.

Copyrights © 2019