Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 13, No 1 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII Siswa MTS Amalul Ikhlas T.A. 2019/2020

Robiatul Adawiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Himpunan di kelas VII MTs Amalul Ikhlas dengan menerapkan metode pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 Siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, wawancara dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan tes hasil belajar siswa secara individu.           Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Amalul Ikhlas yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki- laki dan 17 siswi perempuan. Dari hasil penelitian dapat dilihat hasil tes awal (pre-tes) persentase kelulusan klasikalnya diperoleh 16.00% (4 siswa). Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), tes hasil belajar siswa pada Siklus I persentase ketuntasan klasikal diperoleh 44.00% (11 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II diperoleh tes hasil belajar II persentase ketuntasan klasikal sebesar 88.00% (22  siswa).           Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Himpunan sebesar 44.00%.dengan menerapkan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan merekomendasi pada pelaksana pembelajaran untuk mengajarkan materi dengan mengembangkan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Kata kunci :Hasil Belajar Materi Himpunan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...