Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia
Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021

Strategi Komunikasi Pemasaran Kuliner Tradisional Di Cafe Gulo Jowo, Surakarta Melalui Media Instagram

Premierananda Yudistira (Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Ratri Kusumaningtyas (Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Makanan tradisional merupakan warisan budaya yang pada saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Banyak orang beranggapan bahwa makanan tradisional adalah panganan yang sudah ketinggalan zaman, oleh sebab itu perlu adanya strategi komunikasi pemasaran agar masyarakat tetap dapat mengenal dan menikmati kuliner tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana strategi komunikasi pemasaran kuliner tradisional di Cafe Gulo Jowo, melalui media Instagram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran kuliner tradisional di Cafe Gulo Jowo, surakarta melalui media instagram dilakukan dengan 5 konsep, yaitu strategi komunikasi pemasaran yang meliputi Advertising, Sales promotion, Public relation and publicity, Personal selling dan Direct marketing. Cafe Gulo Jowo berupaya untuk mengiklankan produknya melalui akun-akun instagram yang memberikan informasi mengenai event atau seputar kuliner di Kota Solo. Kemudian Cafe Gulo Jowo juga menyampaikan informasi melalui Instagram Story. Pada aktivitas penjualan personal, semua karyawan di Cafe Gulo Jowo dituntut untuk selalu ramah kepada pelanggannya untuk menjaga kedekatan secara emosional. Dalam melakukan aktivitas pemasaran langsung, pihak Cafe Gulo Jowo mencantumkan informasi berupa nomor telepon, alamat serta Aplikasi Go-food di beranda dan bio Instagram. Sosial media adalah sarana bagi penjual untuk memasarkan usahannya, bagi pelaku usaha makanan tradisional dapat menggunakan instagram agar makanan tradisonal dapat digemari banyak orang. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jishi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, dan Praktisi dari seluruh Indonesia . JISHI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Ilmu Sosial 2. Humaniora Jurnal Ilmu ...