cover
Contact Name
Yogiek Indra Kurniawan
Contact Email
yogiek@unsoed.ac.id
Phone
+6285157550006
Journal Mail Official
infojournalsid@gmail.com
Editorial Address
Jl Kober No 915 RT 08 RW 04 Kelurahan Kober, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia
ISSN : 27973999     EISSN : 27974561     DOI : https://doi.org/10.52436/1.jishi.32
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, dan Praktisi dari seluruh Indonesia . JISHI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Ilmu Sosial 2. Humaniora Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI) terbit 2 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. JISHI terdaftar di LIPI dengan P-ISSN 2797-3999 dan E-ISSN 2797-4561.
Articles 28 Documents
Strategi Komunikasi Pemasaran Kuliner Tradisional Di Cafe Gulo Jowo, Surakarta Melalui Media Instagram Premierananda Yudistira; Ratri Kusumaningtyas
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.604 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.5

Abstract

Makanan tradisional merupakan warisan budaya yang pada saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Banyak orang beranggapan bahwa makanan tradisional adalah panganan yang sudah ketinggalan zaman, oleh sebab itu perlu adanya strategi komunikasi pemasaran agar masyarakat tetap dapat mengenal dan menikmati kuliner tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana strategi komunikasi pemasaran kuliner tradisional di Cafe Gulo Jowo, melalui media Instagram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran kuliner tradisional di Cafe Gulo Jowo, surakarta melalui media instagram dilakukan dengan 5 konsep, yaitu strategi komunikasi pemasaran yang meliputi Advertising, Sales promotion, Public relation and publicity, Personal selling dan Direct marketing. Cafe Gulo Jowo berupaya untuk mengiklankan produknya melalui akun-akun instagram yang memberikan informasi mengenai event atau seputar kuliner di Kota Solo. Kemudian Cafe Gulo Jowo juga menyampaikan informasi melalui Instagram Story. Pada aktivitas penjualan personal, semua karyawan di Cafe Gulo Jowo dituntut untuk selalu ramah kepada pelanggannya untuk menjaga kedekatan secara emosional. Dalam melakukan aktivitas pemasaran langsung, pihak Cafe Gulo Jowo mencantumkan informasi berupa nomor telepon, alamat serta Aplikasi Go-food di beranda dan bio Instagram. Sosial media adalah sarana bagi penjual untuk memasarkan usahannya, bagi pelaku usaha makanan tradisional dapat menggunakan instagram agar makanan tradisonal dapat digemari banyak orang. 
Hubungan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mensa Bina Sukses Makassar Fakhruddin Kurnia M; Tran Fisman Adisaputra
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.352 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kedisiplinan kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai oleh pihak PT. Mensa Bina Sukses Makassar. Metode analisis perhitungan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dimana untuk mencari tingkat kedisiplinan karyawan terhadap peningkatan kinerja karyawan serta keterkaitan atau hubungan antara kedisiplinan karyawan terhadap peningkatan kinerja karyawan, serta menggunakan perhitungan analisis kualitatif untuk mencari pengaruh kedisiplinan karyawan terhadap kinerja karyawan. Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil menggunakan metode analisis kualitatif didapatkan dari nilai pengaruh yang tinggi sebesar Y = 8,55 + 0,83 X, dimana ada pengaruh antara kedisiplinan dan kinerja karyawan. Dan sebagai masukan bagi perusahaan untuk lebih menegaskan kepada karyawannya dimana  kesadaran disiplin kerja sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan.
Analisis Penerapan Konsep Kaizen Dalam Pengendalian Biaya MutuPada UD. Ridwan 3A Kabupaten Pinrang Amrizal Salida
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.843 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.7

Abstract

Analisis Penerapan Konsep Kaizen Dalam Pengendalian Biaya  Mutu Pada UD.Ridwan 3A Kabupaten Pinrang. Dalam suatu bidang Usaha Manufaktur perusahaan harus dapat membangun suatu sistem mutu yang senantiasa meningkatkan produknya baik produksi, instalasi maupun kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep kaizen dapat berpengaruh dalam mengendalikan biaya mutu pada UD.Ridwan 3A Kabupaten Pinrang pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi serta kuisioner. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif.Hasil penelititan ini menunjukkan bahwa (1) Secara umum, UD. Ridwan 3A telah menerapkan tiga pilar utama yang menjadi aturan dasar dalam menerapkan kaizen. (2) UD. Ridwan 3A masih berusaha melakukan pengendalian biaya mutu yang terjadi dalam kurun waktu antara tahun 2018 hingga tahun 2020.
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Sidrap Andi Kartini Sari Putri Daud; Andi Muhammad Hamdan
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.297 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.8

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kinerja karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Sidrap yang memungkinkan bergantung dari beberapa faktor dari karyawan itu sendiri, seperti kecerdasan emosional dan kompetensi komunikasi yang selama ini diterapkan sehingga peneliti bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kompetensi komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sulselbar Cabang Sidrap. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, analisis linear berganda, uji t, uji F, serta uji asumsi klasik dengan bantuan program Statistic Program for Social Science (SPPS). Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Sidrap, kompetensi komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Sidrap, serta secara simultan kecerdasan emosional dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sulselbar Cabang Sidrap. 
Alexithymia pada Generasi Milenials Renita Uki Irwanti; Aniq Hudiyah Bil Haq
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.087 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.9

Abstract

Kemajuan teknologi tidak hanya berfungsi untuk mempermudah pekerjaan dalam bidang industri namun juga telekomunikasi. Hampir dapat dipastikan setengah orang dewasa di Indonesia telah memiliki ponsel. Penggunaan ponsel guna keperluan telekomunikasi pada akhirnya membawa permasalahan baru. Alexithymia yaitu sebuah gangguan sub klinis dimana penderitanya tidak mampu mengenali perasaan diri sendiri maupun orang lain. Gangguan tersebut dapat timbul kemungkinan akibat minimnya interaksi dengan orang lain. Penelitian ini adalah literature review dengan tujuan mengetahui gejala alexithymia pada generasi milenial. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa beberapa penelitian memaparkan bahwa mayoritas penderita alexithymia adalah laki-laki. Hal tersebut tidak lepas dari budaya yang diajarkan selama usia pertumbuhan yang membawa sifat maskulin yang dominan. Sifat maskulin yang dominan tersebut yang akhirnya membuat laki-laki cenderung terbiasa tidak memperlihatkan emosinya ketika meluapkan emosi. Alexithymia juga berkaitan dengan tingkat kecemburuan, sifat agresi dan fleksibilitas kognitif pada seseorang.
Penanganan Hukum Terhadap Praktek Prostitusi Melalui Media Elektronik Ida Bagus Anggapurana Pidada; Ni Ketut Wiratny
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.367 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.13

Abstract

Praktek prostitusi terutama bagi perempuan dan anak sebagai salah satu bentuk tindak kejahatan yang sangat kompleks, tentunya memerlukan upaya penanganan yang bersifat komprehensif dan terpadu. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yaitu UU No. 11 tahun 2008 turut memberikan ancaman pidana atas sebuah tindakan pelacuran online yang dikelola  oleh  si prostitusi kepada pelanggan-pelangganya. Adapun Pasal 27 ayat (1) UU ITE telah memberikan ancaman pidana namun hanya terbatas pada perbuatan yang mendistribusikan, mentransmisikan, atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik yang melanggar kesusilaan. Metode penulisan yang digunakan yakni metode yuridis normatif dengan pemaparan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan keadilan dam kepastian dalan penegakan hukum terhadap Tindak Pidana. Bagaimana memfungsikan Polri sesuai ketentuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP) mempunyai kewenangan berdasarkan undang-undang untuk melakukan penyidikan tindak kejahatan. Permasalah prostitusi apabila dilakukan melalui media online ini dapat dikenakan hubungan yang lebih berat karena terjerat oleh yaitu Undang-Undang RI No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang RI No.44 Tahun 2009 Tentang Pornografi dan KUHP digunakan untuk menjerat para pelakunya.
Manajemen Privasi Akun Model Hijab di Media Sosial Instagram Dimas Ary Satria; Ratri Kusumaningtyas
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.731 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen privasi model hijabers melalui privat akun di Instagram. Privat akun merupakan salah satu fitur di Instagram dimana pengguna mengunci akun sehingga tidak semua audiens bisa melihat aktivitas pengguna di Instagram. Teori Manajemen Privasi Manajemen digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dalam memperoleh data primer dan dilakukan observasi akun Instagram untuk data sekunder. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dalampenelitian ini menunjukkan bahwa model hijabers dalam manajemen privasi di Instagram dengan cara menggunakan privat akun Instagram dan mengatur konten unggahan dari foto, video maupun caption hingga adanya filter audiens karena merupakan ranah privasi mereka.
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Dan Kegairahan Kerja Karyawan Pada Kantor Administrator Siti Nur Azisyah Satria; A. Kartini Sari Putri D; Mariam Makmur
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.981 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.15

Abstract

Masalah yang timbul disini yang lebih terletak pada karyawan itu sendiri. Dengan kata lain, cara tersebut belum menjamin bahwa para karyawan akan bekerja dengan sepenuh hati. Upaya dapat meningkatkan produktifitas lebih tinggi lagi, perusahaan perlu menumbuhkan semangat kegairahan kerja dari para karyawan. Sudah selayaknyalah apabila perusahaan akan selalu berusaha agar para karyawan mempunyai semangat dan kegairahan kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat dan kegairahan kerja studi pada karyawan kantor administrator. Dalam penelitian ini Laporan penelitian disusun dan diselesaikan dengan pedoman pada metode kasus, yaitu suatu metode bermaksud menerangkan obyek yang diteliti dengan mempergunakan data dari obyek yang diteliti itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Kantor Administrator Pelabuhan Makassar. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa responden karyawan Kantor Administrator Pelabuhan Makassar menunjukkan sebagian besar responden merasa setuju atau puas bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh positif terhadap Semangat dan Kegairahan Kerja karyawan pada Kantor Administrator Pelabuhan Makassar. Ini terlihat adanya jawaban responden sangat puas sebanyak 64,5%.
Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan Nova Pratiwi; A. Kartini Sari Putri D; Fadlina Fadlina
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.124 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan. Populasi pada penelitian ini adalah Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka dan penelitian lapangan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 5 periode dari tahun 2017-2021 dari seluruh total karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode observasi. Hasil Penelitian ini menyatakan Sistem pemberian motivasi yang diterapkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan berupa: Motivasi langsung (Direct Motivation) Motivasi langsung merupakan motivasi yang berupa materi maupun non materi yang diberikan secara langsung kepada setiap karyawan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasannya. Jadi sifatnya khusus seperti bonus. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel pemberian motivasi yang dijadikan sebagai variable penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan adalah bonus ini terlihat dari t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,992) yang lebih besar 3,182 sehingga bonus berpenagaruh secara signifikan terhadap produktifitas karyawan.
Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pegwai Pada Dinas Prasarana Wilayah Propinsi Sulawesi Selatan Mariam Makmur; A.Kartini Sari Putri D; Siti Nur Azisyah Satria
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.982 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.17

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini ditandai dengan suatu persiapan yang sangat ketat, maka yang menjadi persoalan adalah menyiapkan pegawai/karyawan yang berkualitas yang mampu bersaing dengan tenaga-tenaga profesional dari negara lain atau dengan kata lain menyiapkan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan secara spesifik yang handal dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai pada dinas prasarana. Dalam penelitian ini laporan penelitian ini disususun dan diselesaikan dengan pedoman pada metode library research, observasi dan wawancara, metode bermaksud menerangkan obyek yang diteliti dengan mempergunakan data dari obyek yang diteliti itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Prasarana propinsi Sulawesi Selatan. Jumlah sample respondenpenelitian ini ditentukan sebnayak 30 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa responden pegawai pada dinas prasarana pelatihan mempunyai pengaruh yang kuat dan positif terhadap peningkatan kinerja pegawai

Page 1 of 3 | Total Record : 28