cover
Contact Name
Yogiek Indra Kurniawan
Contact Email
yogiek@unsoed.ac.id
Phone
+6285157550006
Journal Mail Official
infojournalsid@gmail.com
Editorial Address
Jl Kober No 915 RT 08 RW 04 Kelurahan Kober, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia
ISSN : 27973999     EISSN : 27974561     DOI : https://doi.org/10.52436/1.jishi.32
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, dan Praktisi dari seluruh Indonesia . JISHI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Ilmu Sosial 2. Humaniora Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI) terbit 2 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. JISHI terdaftar di LIPI dengan P-ISSN 2797-3999 dan E-ISSN 2797-4561.
Articles 22 Documents
Penanganan Hukum Terhadap Praktek Prostitusi Melalui Media Elektronik Ida Bagus Anggapurana Pidada; Ni Ketut Wiratny
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JISHI - Juni 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.367 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.13

Abstract

Praktek prostitusi terutama bagi perempuan dan anak sebagai salah satu bentuk tindak kejahatan yang sangat kompleks, tentunya memerlukan upaya penanganan yang bersifat komprehensif dan terpadu. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yaitu UU No. 11 tahun 2008 turut memberikan ancaman pidana atas sebuah tindakan pelacuran online yang dikelola  oleh  si prostitusi kepada pelanggan-pelangganya. Adapun Pasal 27 ayat (1) UU ITE telah memberikan ancaman pidana namun hanya terbatas pada perbuatan yang mendistribusikan, mentransmisikan, atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik yang melanggar kesusilaan. Metode penulisan yang digunakan yakni metode yuridis normatif dengan pemaparan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan keadilan dam kepastian dalan penegakan hukum terhadap Tindak Pidana. Bagaimana memfungsikan Polri sesuai ketentuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP) mempunyai kewenangan berdasarkan undang-undang untuk melakukan penyidikan tindak kejahatan. Permasalah prostitusi apabila dilakukan melalui media online ini dapat dikenakan hubungan yang lebih berat karena terjerat oleh yaitu Undang-Undang RI No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang RI No.44 Tahun 2009 Tentang Pornografi dan KUHP digunakan untuk menjerat para pelakunya.
Manajemen Privasi Akun Model Hijab di Media Sosial Instagram Dimas Ary Satria; Ratri Kusumaningtyas
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.731 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen privasi model hijabers melalui privat akun di Instagram. Privat akun merupakan salah satu fitur di Instagram dimana pengguna mengunci akun sehingga tidak semua audiens bisa melihat aktivitas pengguna di Instagram. Teori Manajemen Privasi Manajemen digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dalam memperoleh data primer dan dilakukan observasi akun Instagram untuk data sekunder. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dalampenelitian ini menunjukkan bahwa model hijabers dalam manajemen privasi di Instagram dengan cara menggunakan privat akun Instagram dan mengatur konten unggahan dari foto, video maupun caption hingga adanya filter audiens karena merupakan ranah privasi mereka.
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Dan Kegairahan Kerja Karyawan Pada Kantor Administrator Siti Nur Azisyah Satria; A. Kartini Sari Putri D; Mariam Makmur
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.981 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.15

Abstract

Masalah yang timbul disini yang lebih terletak pada karyawan itu sendiri. Dengan kata lain, cara tersebut belum menjamin bahwa para karyawan akan bekerja dengan sepenuh hati. Upaya dapat meningkatkan produktifitas lebih tinggi lagi, perusahaan perlu menumbuhkan semangat kegairahan kerja dari para karyawan. Sudah selayaknyalah apabila perusahaan akan selalu berusaha agar para karyawan mempunyai semangat dan kegairahan kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat dan kegairahan kerja studi pada karyawan kantor administrator. Dalam penelitian ini Laporan penelitian disusun dan diselesaikan dengan pedoman pada metode kasus, yaitu suatu metode bermaksud menerangkan obyek yang diteliti dengan mempergunakan data dari obyek yang diteliti itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Kantor Administrator Pelabuhan Makassar. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa responden karyawan Kantor Administrator Pelabuhan Makassar menunjukkan sebagian besar responden merasa setuju atau puas bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh positif terhadap Semangat dan Kegairahan Kerja karyawan pada Kantor Administrator Pelabuhan Makassar. Ini terlihat adanya jawaban responden sangat puas sebanyak 64,5%.
Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan Nova Pratiwi; A. Kartini Sari Putri D; Fadlina Fadlina
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.124 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan. Populasi pada penelitian ini adalah Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka dan penelitian lapangan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 5 periode dari tahun 2017-2021 dari seluruh total karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode observasi. Hasil Penelitian ini menyatakan Sistem pemberian motivasi yang diterapkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Makassar Ahmad Yani Unit Perintis Kemerdekaan berupa: Motivasi langsung (Direct Motivation) Motivasi langsung merupakan motivasi yang berupa materi maupun non materi yang diberikan secara langsung kepada setiap karyawan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasannya. Jadi sifatnya khusus seperti bonus. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel pemberian motivasi yang dijadikan sebagai variable penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan adalah bonus ini terlihat dari t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,992) yang lebih besar 3,182 sehingga bonus berpenagaruh secara signifikan terhadap produktifitas karyawan.
Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pegwai Pada Dinas Prasarana Wilayah Propinsi Sulawesi Selatan Mariam Makmur; A.Kartini Sari Putri D; Siti Nur Azisyah Satria
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.982 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.17

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini ditandai dengan suatu persiapan yang sangat ketat, maka yang menjadi persoalan adalah menyiapkan pegawai/karyawan yang berkualitas yang mampu bersaing dengan tenaga-tenaga profesional dari negara lain atau dengan kata lain menyiapkan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan secara spesifik yang handal dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai pada dinas prasarana. Dalam penelitian ini laporan penelitian ini disususun dan diselesaikan dengan pedoman pada metode library research, observasi dan wawancara, metode bermaksud menerangkan obyek yang diteliti dengan mempergunakan data dari obyek yang diteliti itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Prasarana propinsi Sulawesi Selatan. Jumlah sample respondenpenelitian ini ditentukan sebnayak 30 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa responden pegawai pada dinas prasarana pelatihan mempunyai pengaruh yang kuat dan positif terhadap peningkatan kinerja pegawai
Peran Motivasi terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan di PT Surya Eden Utama Makassar Fadlina Damis; A. Katini Sari Putri D; Nova Pratiwi
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JISHI - Desember 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.854 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan motivasi terhadap peningkatan kinerja karyawan di PT. Surya Eden Utama Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data penelitian pustaka dan penelitian lapang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis koefisien determinasi. Hasil analisis koefisien determinasi untuk pengujian peranan motivasi (X) terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) di PT. Surya Eden Utama Makassar berpengaruh positif signifikan dengan hasil perhitungan analisis bahwa nilai determinasi adalah 0,90. Motivasi kerja dan kinerja karyawan dapat ditingkatkan apabila sistem pemberian insentif didasarkan pada motivasi kerja dan tingkat kemampuan daripada karyawan.
Makam Bathoro Katong Ponorogo Sebagai Sumber Belajar Sejarah dan Kearifan Lokal Nike Tiyas Novitasari
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 2 No 2 (2022): JISHI - Desember 2022
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jishi.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali sejarah masuknya Islam di Indonesia khususnya Ponorogo dan peninggalannya yaitu makam Bathoro Katong. Makam Bathoro Katong digunakan dalam rangka mengembangkan sejarah lokal di Kabupaten Ponorogo. Pengembangan sejarah lokal dan peninggalannya berupa makam Bathoro Katong digunakan sebagai sumber belajar sejarah dan kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian pustaka, observasi lapangan, dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil yang diperoleh Makam Bathoro Katong Ponorogo dapat digunakan sebagai sumber sejarah dalam materi pembelajaran pada Kompetensi Dasar (KD) 3.8 yaitu Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Sehingga sangat relefan dengan materi di sekolah. Nilai-nilai kearifan lokal yang patut diajarkan untuk pembelajaran sejarah dan kearifan lokal dari Makam Bathoro Katong ini adalah, pertama toleransi, kerjasama, perjuangan, religi dan kesenian atau budaya
Implementasi Dan kendala Kendala Pelaksanaan Tracer Syudy Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu Rosidin Rosidin; Syukri Amin; Rio Saputra; Rasman Rasman; Muhammad Imanullah
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 2 No 1 (2022): JISHI - Juni 2022
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.534 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.22

Abstract

Kualitas lulusan adalah karya utama dari sebuah Perguruan Tinggi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) memastikan kualitas lulusannya dengan menyediakan Pusat Pengembangan Karir yang diberi nama Career Development Centre (CDC) yang memiliki fungsi vital dalam pengembangan lembaga yang berkelanjutan. CDC dapat memenuhi penyediaan kebutuhan internal Fakultas dan Program Studi berupa: penyediaan data lulusan (tracer study), tingkat outcome yang telah dihasilkan oleh UM Bengkulu, serta data kesiapan para alumni untuk berkompetisi dalam memasuki dunia kerja. Pengumpulkan data tracer study (TS) yang dilakukan dalam penelitian bersifat kuantitatif ini menggunakan metode kuisioner (penyebaran angket melalui email, whatsapp, dan ditelpon langsung). Adapun pelaksanaan kegiatan tracer studi di UM Bengkulu dilaksanakan sekali setahun. Mekanisme pelaksanaan TS ini terdiri dari empat tahapan yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan, analisis dan evaluasi, serta pelaporan. Terdapat beberapa kegiatan yang telah dilakukan untuk mendukung pelaksanaan TS yaitu: Diskusi Hasil Pengolahan Data TS, Pembekalan Kerja untuk Alumni dan Orientasi TS, diskusi capaian TS, pelaksanaan TS alumni, dan orientasi TS bagi calon alumni. Pada kesempatan lainnya di masa yang akan datang, pelaksanaan TS dapat didukung dengan menggelar career fair secara daring guna menjaring partisipasi para alumni. Output atau outcome yang didapatkan pada akhir pelaksanaan TS dapat digunakan sebagai bahan kajian UM Bengkulu dari sisi proses dan input lulusan, sebagai dasar melakukan revisi kurikulum, meningkatkan kerja sama dengan IDUKA, pemenuhan data dan informasi untuk akreditasi Program Studi dan PT, serta meningkatkan branding dan promosi UM Bengkulu. Gross Response Rate dari kuisioner yang disebarkan kepada para alumni mencapai 49,48 %. Angka response rate ini tentunya cukup baik dan akan terus ditingkatkan di Tracer Study tahun-tahun berikutnya.
Maraknya Hedonisme Berkedok Self Reward Desy Wahyuningsari; Mohamad Rifqi Hamzah; Nabilatul Arofah; Lailatul Hilmiyah; Innayatul Laili
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 2 No 1 (2022): JISHI - Juni 2022
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.48 KB) | DOI: 10.52436/1.jishi.24

Abstract

Selfreward merupakan kegiatan memuaskan diri sendiri setelah melalui beberapa proses pekerjaan, menyelesaikan tugas dengan baik serta melakukan beberapa hal yang menurutnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Kegiatan yang dimaksudkan ini berupa pembelian suatu barang yang sudah lama diinginkan ataupun dengan berkunjung ke suatu tempat gunauntuk Refreshing diri setelah penatnya pikiran yang datang bertubi-tubi. Sehingga terkadang apabila kita telusuri, banyak dari mereka yang rela mengeluarkan biaya sangat banyak guna amewujudkan keinginan tersebut, misalnya dengan membeli suatu barang yang sedang Trend masa kini, namun di sisi lain barang tersebut jauh dari apa yang mereka butuhkan. Sehingga apabila hal ini sering dilakukan dan terjadi secara berulang, pasti akan menjadi kebiasaan yang buruk.  buruk dalam hal ini adalah mereka akan cenderung menjadi manusia yang kurang bersyukur dan memungkinkan tumbuh dengan jiwa yang konsumtif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan dengan melalui triangulasi sumber. Triangulasi sumber Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Self reward tersebut memiliki tujuan untuk menyenangkan diri setelah seseorang tersebut telah melalui progress kerja ataupun menyelesaikan sebuah tugasnya
Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule Devi Amiliana; Mochamad Fatchurrohman; Parwita Setya Wardhani
Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia Vol 2 No 2 (2022): JISHI - Desember 2022
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jishi.30

Abstract

Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat saat ini, menyebabkan sangat  berperannya media sosial dalam pemasaran bisnis online. Oleh karena itu strategi pemasaran yang tepat untuk menjual produk secara online maupun offline sangat diperlukan. Peran media sosial sangat mendukung peluang usaha yang semula dilakukan secara offline, diharapkan akan semakin dikenal dan berkembang kedepannya. Peran penting situs media onlie ini memliki kemampuan yang sangat dinamis dan efisian dalam sebuah bisnis usaha. Maka penelitian ini dilakukan untuk menjawab Strategi pemasaran apa yang efektif untuk Outlet Makbule? Penelitian ini menggunakan metode bersifat kualitatif dengan jenis deskriptif, yaitu metode yang lebih mudah didapatkan dari hasil observasi dan wawancara mendalam kepada konsumen Outlet Makbule.  Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan strategi pemasaran yang di gunakan untuk memasarkan produk-produk Outlet Makbule, baik dengan menggunakan sistem online mauoun offline. Persamaan menggunakan system online dan offline adalah sama-sama menawarkan produk yang dipasarkan dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang dijamin. Sedangkan perbedaanya, bahwa sistem online memanfaatkan semua media sosial dan aplikasi yang menunjang penjualan, dengan menggunakan fasilitas intenet atau media sosial yang ada, sedangkan sistem offline Outlet Makbule menyediakan tempat yang cukup strategis untuk para pembeli agar bisa menikmati hidangan di tempat dan bisa melakukan penjualan langsung dengan para pembeli. Kedua sistem penjualan, baik offline maupun online bisa memberikan kontribusi yang baik untuk penjualan produk-produk outlet Makbule

Page 1 of 3 | Total Record : 22