Smart Society Empowerment Journal
Vol 2, No 2 (2022): Smart Society Empowerment Journal

Pelatihan Pembuatan Minuman Serbuk Instan Kelakai dan Inovasi Marketing pada Mahasiswa

Eko Suhartono (Departemen Biokimia dan Biomelekuler Divisi Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
Dona Marisa (Departemen Biomedik Divisi Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
Istiana Istiana (Departemen Mikrobiologi dan Parasitologi Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
Lisda Hayatie (Departemen Mikrobiologi dan Parasitologi Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Pendahuluan: Mahasiswa yang memulai usaha atau membentuk usaha baru belum banyak. Hasil survey awal diketahui bahwa bahwa 11,6% mahasiswa berminat untuk wirausaha bidang makanan dan minuman kesehatan. Berkaitan dengan tersebut dilakukan pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan wirausaha minuman serbuk instan kelakai di kalangan mahasiswa.Metode: Metode yang digunakan adalah induktif partisipatif secara kelompok dan individu, yang diikuti oleh 63 peserta (3 narasumber dan 60 mahasiswa). PemberianĀ  materiĀ  melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Materi yang diberikan mulai pemilihan bahan hingga cara pemasaran melalui media sosial.Hasil dan Pembahasan: Kegiatan pelatihan pembuatan minuman serbuk instan kelakai dan inovasi marketing pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat berjalan dengan lancar. Para peserta antusias dalam mendengarkan pemaparan materi, dan aktif dalam tanya jawab seputar pembuatan konten-konten pemasaran di media social.Kesimpulan: kegiatan ini adalah mahasiswa termotivasi untukĀ  membuat usaha baru terutama penggunaan aplikasi untuk marketing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sse

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Public Health Other

Description

Smart Society Empowerment Journal is a peer-reviewed and open access journal focusing on educative, promotive,preventive, and community empowerment activities in the health sector. This journal publishes original articles and reviews. This journal is published at least three times a ...