Smart Society Empowerment Journal
Vol 2, No 3 (2022): Smart Society Empowerment Journal

Penyuluhan COVID-19 Bagi Guru-guru SMAN 1 dan SMAN 2 Surakarta dalam Rangka Menyongsong Pelaksanaan Pembelajaran Luring

Yulia Sari ((ID SCOPUS : 55769277300) Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran,Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
Hartono Hartono (Rumah Sakit UNS, Universitas Sebelas Maret)
Sri Hartati (Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas (P3BB), LPPM, Universitas Sebelas Maret)
Sri Mulyani (Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas (P3BB), LPPM, Universitas Sebelas Maret)
Ahmad Yunus (Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas (P3BB), LPPM, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Pendahuluan: Saat ini pemberlakuan pembelajaran tatap muka telah hamper 100% dilaksanakan, namun pada masa pandemi Covid-19 masih dilaksanakan secara terbatas. Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas (P3BB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul ' Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Penyuluhan COVID-19 Bagi Guru-guru SMAN 1 dan SMAN 2 Surakarta dalam Rangka Menyongsong Pelaksanaan Pembelajaran Luring”..Metode: Pelaksanaan kegiatan pada Senin 18 Oktober 2021 bertempat di ruang Multimedia Lantai 2 SMAN 1 Jl. Monginsidi No. 40 dan secara daring menggunakan media zoom. Pesertanya adalah Guru-guru SMAN 1 dan SMAN 2 berjumlah 70 orang baik yang hadir secara daring maupun luring. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini diawali dengan penyebaran angket sebelum dilakukan penyuluhan, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan materi terkait protokol Kesehatan menghadapai PTM. Setelah dilaksanakan penyuluhan dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan posttest terkait topik yang telah disampaikan oleh narasumber.Hasil dan pembahasan: Hasil posttest menunjukkan prosentase peningkatan Pengetahuan Covid-19 (9,97%), Pencegahan dan Diagnosis Covid-19 (17,06%) dan Penerapan protokol Kesehatan (12,87%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang Pengetahuan Covid-19, Pencegahan dan Diagnosis Covid-19 dan Penerapan protokol Kesehatan dalam rangka Menyongsong Pelaksanaan Pembelajaran Luring .Kesimpulan: Pelaksanaan pengabdian berjalan dengan efektif dengan peningkatan pengetahuan tentang Pengetahuan Covid-19, Pencegahan dan Diagnosis Covid-19 dan Penerapan protokol Kesehatan dalam rangka Menyongsong Pelaksanaan Pembelajaran Luring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sse

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Public Health Other

Description

Smart Society Empowerment Journal is a peer-reviewed and open access journal focusing on educative, promotive,preventive, and community empowerment activities in the health sector. This journal publishes original articles and reviews. This journal is published at least three times a ...