Produk homemade yang sudah dihasilkan oleh masyarakat di Desa Deketagung seluruhnya adalah produk makanan buatan sendiri dengan teknologi sederhana yang berskala rumahan dan dikerjakan oleh para ibu-ibu rumah tangga. banyaknya kendala yang dialami dalam pertumbuhan usaha homemade yang ada di Desa Deketagung yang diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga, sehingga masih kurang optima dalam penjualannya. Strategi pemasaran yang dijadikan sebagai solusi adalah berbasis teknologi, yang akan menjadi kekuatan dalam mendongkrak penjualan produk homemade. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pangsa pasar produk homemade sehingga dapat meningkatkan omset dan laba penjualan produk dengan menggunakan media sosial sebagai alat pemasarannya. Kelompok peserta berjumlah 30 Orang, yang terdiri dari bermacam-macam jenis produk homemade di Desa Deketagung yang paling banyak yaitu ibu rumah tangga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Pelatihan dan pendampingan dalam pengabdian dan pendampingan kepada pelaku usaha homemade. Hasil Pelatihan dan pendampingan dalam pengabdian dalam kegiatan ini yaitu adanya peningkatan dari pengetahuan dan kemampuan peserta dalam memanfaatkan media sosial untuk dijadikan sebagai alat pemasaran, dimana ini ditunjukkan dengan adanya perubahan angka rerata pretest dan post tes, seperti nilai dari skor 72 ke skor 100. Pemahaman terakhir dari setiap peserta terhadap media sosial instagram diperoleh sebesar 75% lebih besar dari pada pemahaman terakhir dari peserta terhadap website toko online sebesar 65%.
Copyrights © 2020