Jurnal Karya Abdi Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Juni 2022

Pemberdayaan Kelompok Wanita Mertha Jati Melalui Pelatihan Manajemen Dan Pelaporan Keuangan Berbasis Teknologi

L. G. K. Dewi (Program Stud Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Udayana, Denpasar, 80116, Bali-Indonesia,)
M. D. B. Penindra (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Denpasar, 80116, Bali-Indonesia.)
N. P. S. H. Mimba (Program Stud Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Udayana, Denpasar, 80116, Bali-Indonesia)
A. A. N. A. Kresnandra (Program Stud Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Denpasar, 80116, Bali-Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Desa Manukaya dikenal dengan keindahan alam dan keragaman budaya masyarakatnya. Wilayah desa ini memiliki kontur alam yang unik juga memiliki potensi lain yang belum tergarap maksimal dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Desa Manukaya memiliki Kelompok Wanita Tani yang sedang berkembang yang bernama KWT Mertha Jati. Kelompok Wanita Tani ini berada tepatnya di Banjar Malet. KWT Mertha Jati mengolah hasil panen sayur, kacang tanah dan kelapa sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi, namun beberapa kendala dihadapi dalam proses ini. Kendala tersebut antara lain belum adanya kemasan produk yang hygienis, belum memiliki label produk, belum menentukan harga jual dengan tepat dan masih belum rapinya pembukuan dan catatan akuntansi kelompok mitra ini. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Program Udayana Mengabdi telah melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap mitra untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode pelatihan pembukuan sederhana, pendampingan desain kemasan dan label produk serta pemberian teknologi tepat guna berupa alat kemas semi otomatis. Melalui kegiatan pengabdian ini, dapat meningkatkan produktivitas Kelompok Wanita Tani Mertha Jati sehingga mampu meningkatkan kemandirian wanita dalam bidang ekonomi dan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKAM

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Karya Abdi Masyarakat (JKAM) adalah jurnal yang diterbikan oleh LPPM Universitas Jambi untuk mempublikasikan dan meyebarluaskan tulisan dan artikel pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi ...