ABSTRAKPeran strategi pemasaran dalam suatu perusahaan sangat penting. Agar perusahaan dapat mempunyai tujuan untuk kinerja suatu perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan dapat menjalankan secara efektif dan efisien khusus dibidang pemasaran. Kerhasilan pengusaha dapat di tentukan bagaimana menjalankan strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apakah yang digunakan dalammemasarkan produk susu kuda liar oleh masyarakat DesaPenyaring untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Jenis penelitia yang digunakan yaitu peneliti melakukanturun langsung kepada masyarakat dengan Menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data, Teknik analisisdata dan menggunakan marketing mix. Hasil peneliti menggunakan strategi pemasaran yang telah di lakukan oleh para pengusaha yang mencakup teorimarketing mix 4P yaitu, produk, harga, tempat, dan promosi. Yang sudah berjalan dengan maksimal. Sehingga pendapatan masyarakat desa penyaring meningkat setiap tahunnya. Dari strategi pemasaran tersebut penulis dapat membantu dalam peningkatan pendapatan masyarakat desa penyaring.
Copyrights © 2022