cover
Contact Name
HANDOYO WIRASTOMO
Contact Email
jabb.fisipol.ummat@gmail.com
Phone
+6287864591011
Journal Mail Official
jabb.fisipol.ummat@gmail.com
Editorial Address
JL. KH. AHMAD DAHLAN NO 1 PAGESANGAN, MATARAM, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal of Applied Business and Banking (JABB)
ISSN : 2775622X     EISSN : 2723634X     DOI : https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5541
Core Subject : Social,
Manajamen Pemasaran Manajemen Operasi Manajemen SDM Manajemen Keuangan Manajemen Strategis Manajemen Sistem Informasi Manajemen Sistem Bisnis Leadership Sistem Bisnis Etika Bisnis Hukum Bisnis Entrepreneurship Administrasi Bisnis Pada UMKM Administrasi Bisnis Administrasi Bisnis Syari’ah
Articles 32 Documents
Efektivitas Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dimasa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Pada Dinas Koperasi Dan UKM Povinsi NTB Lia Fitriani; Muhammad Ali; Lalu Hendra Maniza
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.159 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5364

Abstract

Salah satu upaya pemulihan usaha bagi usaha ultra mikro terhadap dampak wabah Covid 19 yaitu dengan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pemberdayaan yang diberikan berupa pentukan program yang melibatkan para usaha Mikro Kecil dalam penyediaan jaring Pengaman Sosial (JPS) dan pemberian Stimulus ekonomi dalam bentuk  fasilitasi pemberian modal. Bantuan ini digunakan untuk memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 dengan memberi kesempatan dalam memproduksi hasil usahanya sebagai bentuk partisipan dalam penjegahan Covid-19 yang dapat memberi keuntungan kepada Usaha Mikro Kecil yang terdampak. Serta dapat memberikan kesempatan untuk merintis usaha Kembali dimasa krisis ekonomi. Dalam pelaksanaanya terdapat permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya modal untuk memberdayakan semua Usaha Mikro Kecil yang terdampak Pandemi Covid-19 sehingga tidak semua Usaha Mikro Kecil  di Provinsi Nusa Tenggara Barat  dapat diberdayakan.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas Strategi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimasa Pandemi Covid-19 tahun 2020 pada Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Adapun informan penelitan ini terdeiri dari kepala Bidang UKM, Kepala Seksi Pengembangan UKM, Kepala Bidang Program Dinas Koprasi UKM Provinsi NTB dan Pelaku UKM yang di Berdayakan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan wawancara, Observasi dan Documentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data , penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk keefektivitasan Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dimasa Pandemic Covid-19 tahun 2020 pada Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat belum dapat dikatakan baik dari ketiga indikator yang dijelaskan hanya dua indikator yang bisa dikatakan baik, yaitu pada indikator ketepatan sasaran dan sosialisasi program.
STRATEGI SALES PROMOTION PRICE DISCOUNT DALAM MENDORONG PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK JENIS MINUMAN ISOTONIK Di PT. AMERTA INDAH OTSUKA”. Lalu Hendra Maniza; Abdul Hafiz; Amin Saleh
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 2 (2021): November
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.252 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i2.5544

Abstract

Penelitian ini berjudul “strategi sales promotion price discount dalam mendorong pembelian impulsif produk jenis minuman isotonik di pt. amerta indah otsuka” mempunyai tujuan untuk menggambarkan strategi seles promotion price discount dalam mendorong pembelian impulsif produk jenis minuman isotonic di PT. Amerta Indah Otsuka. Pada penelitian ini Metode yang di gunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun  informan dalam penelitian ini para konsumen yang menjadi pelanggan di PT. Amerta Indah Otsuka yang berada di sekitar Lombok Timur. Penentuan informan menggunakan tehnik probabilitiy sampling dengan simple random sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan Pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data serta penyimpulan dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel discount dapat mendorong peningkatan impulse buying konsumen pada PT. Amerta Indah Otsuka. discount yang diberiakn mampu meningkatkan volume penjulan minuman jenis isotenik pada PT. Amerta Indah Otsuka. Berarti strategi seles promosi dengan menggunakan diskon sudah berhasil dan mampu menarik atau mempengaruhi minat beli masyarakat,  Disamping promosi seles diskon yang digunakan pihak PT. Amerta Indah Otsuka harus juga memperhatikan  merchandising produknya Karen hal ini juga sangat berpengaruh terhadap keingin konsumen untuk mau berbelanja di PT. Amerta Indah Otsuka
PENGARUH EVALUASI JABATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KINERJA KARYAWAN PADA PERUM BULOG DIVISI REGIONAL NUSA TENGGARA BARAT Risma Risma; Kukuh Tondoyekti
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.864 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh evaluasi kerja karyawan terhadap kinerja karyawan di Perum Bulog Divre Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka. Penelitian ini mengunakan jenis data primer dan data sekunder. Metode sampling indicator yang dikaji Pengaruh Evaluasi Jabatan Terhadap Produktivitas Kinerja Karyawan Pada Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Barat. Teknikanalisis data Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisa Regresi Linear, Uji HipotesisdanUji R Square/Detreminasi (R2) Hasil dari penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi jabatan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kinerja karyawan pada Perum Bulog Divisi Regionel Nusa Tenggara Barat. Artinya adanya peningkatan evaluasi jabatan menurut karyawan akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Bobot pengaruh variable evaluasi jabatan terhadap produktivitas kinerja karyawan sebesar 0,984 yang menunjukkan bahwa jika variabele valuasi jabatan menurut responden mengalami kenaikan sebesar 1 satuan variable produktivitas kerja akan mengalami kenaikan sebesar 0,984.
Pengaruh Fundamnental Mikro Ekonomi Terhadap Harga Saham Pada Kelompok Jakarta Islamic Index Lalu Ahmad Ramadani
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.888 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh fundamendal mikroekonomi yang diproksikan rasio keuangan terhadap harga saham pada kelompok Jakarta Islamic Index (JII). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang konsisten tergabung dalam JII periode 2011-2015 dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham syariah pada kelompok JII yaitu rasio pasar yang diproksikan EPS, rasio leverage yang diproksikan DAR dan rasio aktivias yang diproksikan TATO, sedangkan rasio profitabilitas yang diproksikan ROA dan rasio likuiditas yang diproksikan CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham syariah pada JII. Namun, berpengaruh secara simultan. Hal ini mengindikasikan ketiga proksitas yang berpengaruh positif memiliki hubungan terhadap permasalahan agensi yaitu antara prinsiple (pemilik saham) dengan agent (manajemen).
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Usaha Kecil Menengah Kawasan Dasan Sari, Taman UdayanaKota Mataram 2017) Mega Diana Pratiwi; Handoyo Wirastomo
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.27 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2277

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan pencantuman harga dalam menu terhadap keputusan pembelian konsumen.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung sebagai konsumen di Usaha Kecil Menengah Kawasan Dasan Sari, Taman Udayana Kota Mataram dan sampeldalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan sampel kuota atau (quota sampling), dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jenis Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisa regresi sederhana, karena hanya terdapat dua variabel yang akan diukur pengaruhnya. Variabel-variabel tersebut terdiri dari variabel pencantuman harga dalam menu sebagai variabel independen (X) dan keputusan pembelian konsumensebagaivariabel dependen (Y).  Setelah melalui proses pengujian, hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh valid dan reabilitas serta terdapat pengaruh pencantuman harga terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini bermaksud memberikan rekomendasi bagi para pemilik Usaha Kecil Menengah dalam upaya memenuhi kepuasan pelanggan dalam keputusan pembelian mengenai pencantuman harga dalam menu, maka diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan, karena hal ini sangat penting guna memudahkan seorang konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk (makanan atau minuman), serta diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji dan memperluas cakupan penelitiannya baik dari segi variabel, responden, metode maupun lokasi penelitiannya.
ANALISIS MODEL MANAJEMEN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KOPERASI Erwin Asida; Mala Vinuzia
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 2 (2021): November
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.842 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i2.5545

Abstract

Data pertumbuhan usaha koperasi menunjukkan bahwa kinerja koperasi yang ditunjukkan oleh volume usaha dan laba bersih mengalami penurunan selama tahun 2008-2010. Berbagai   penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis yang berhasil adalah kewirausahaan, partisipasi anggota, dan pengurus koperasi. Berdasarkan fenomena empiris yang ditemukan di lapangan penelitian ini maka rumusan masalah penelitian yang dirumuskan disini adalah “Bagaimana cara meningkatkan kinerja Koperasi Berbagai Usaha di KOTA MATARAM” Untuk menjawab masalah penelitian ini digunakan pendekatan dengan tiga variabel penelitian yaitu kewirausahaan, partisipasi anggota, dan pengelolaan koperasi. Pengujian pengaruh masing-masing variabel dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Berganda pada pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner kepada 74 pengurus koperasi di Kota Mataram. Hasil uji regresi partisipasi anggota berpengaruh signifikan terhadap kinerja Koperasi Aneka Usaha di Kota Mataram, dan pengurus koperasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja Koperasi Usaha Milik Berbagai Usaha.
Analisis Laporan Keuangan Di Kantor Bappeda Kabupaten Lombok Barat Baiq Reinelda Triyunarni; Dedy Iswanto; Abdul Hafiz
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.378 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5358

Abstract

This research is entitled Analysis of Financial Statements at the Bappeda Office of West Lombok Regency. The purpose of this study is to find out the 2017-2019 Bappeda Lombok Barat Report using the Liquidity and Solvency ratio. Financial statements are information that describes the financial condition of a company and furthermore this information can be used as a description of the company's performance. Analysis of financial statements in public sector organizations is done by comparing the financial performance of one period with the previous period based on financial statements, there are various types of ratios, namely liquidity ratios, solvency ratios, activity ratios, probability ratios, and growth ratios. The method used in this research is quantitative-qualitative using a deductive approach and analysis using Liquidity Ratios and Solvency Ratios, the current ratio of the Regional Development Planning Agency Office for 2017-2019 shows that in 2014 the current ratio was 667.50% in 2018 it decreased to 592.62 % or (74.88%) then experienced a significant increase in 2019 by 932.84% or an increase of 340.22%. Quick Ratio/Quick Ratio 2017 Quick Ratio/Quick Ratio of 264.91% in 2018 decreased by 170.31% or by 94.61% and then experienced a significant increase in 2019 by 524.25% or by 353.94%. In 2017-2019 based on Solvency Ratio analysis, in 2017-2019 the West Lombok Regional Development Planning Agency was able to pay all its debts then in 2019 it decreased by 0.02 and an average of 0.09%. The results of the calculation of the debt ratio in 2019 decreased by 0.02 and an average of 0.09%.
PENGARUH REGULASI PERHOTELAN TERHADAP PELAKU BISNIS LOKAL DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA YOGYAKARTA STUDI KASUS: GRUP ASTON INTERNASIONAL Alfian Eikman; Muhammad Muharam Lubis; Baiq Reinelda Tri Yunarni
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 2 (2021): November
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.725 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i2.5539

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh kebijakan yang dilakukan secara selektif yang diterapkan oleh pemerintah daerah untuk melindung pelaku bisnis lokal dari persaingan atau kompetisi global dalam bisnis industri perhotelan dan pariwisata, dengan secara bersamaan berusaha mendapatkan manfaat dari Penanaman Modal Asing (PMA) dalam rantai industri perhotelan untuk meningkatkan kapabilitas komunitas bisnis lokal. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berusaha menggambarkan bagaimana regulasi pemerintah pusat Indonesia dan pemerintah daerah setempat mempengaruhi rantai hotel Aston Internasional yang beroperasi di Yogyakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui proses interview dan studi pustaka yang menemukan bahwa regulasi selektif berhasil menyediakan proteksi kepada pelaku bisnis lokal dan secara bersamaan menarik minat investasi atau PMA yang dapat membawa efek domino yang positif terhadap industri perhotelan dan pariwisata lokal. Namun, peneliti juga menemukan beberapa kontradiksi kebijakan antara pemerintah pusat dengan daerah yang disebabkan oleh kurangnya koordinasi di dalam birokrasi. Pemerintah harus memandang serius permasalahan ini, mengingat industri perhotelan dan pariwisata di Indonesia khususnya Yogyakarta merupakan faktor yang sangat penting atau potensial dalam meningkatkan keberhasilan pembangunan ekonomi lokal.
PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasusu di Kedai Giyong Kekalik Mataram) Sopian Rejeki; Sulhan Hadi
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.638 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2278

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh Store Atmosphere yang terdiri dari Instore dan Outstore baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli konsumen Kedai Giyong Kekalik Mataram. Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Kedai Giyong Kekalik Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang yang pernah berbelanja pada Kedai Giyong Kekalik Mataram, yang berjumlah 138 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Skala pengukuran menggunakan skala pengukuran skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 20 For Windows.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari variableinstoredan tidak berpengaruh secara signifikan dari variableoutstoreterhadap minat beli konsumen. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variable instore dan outstorepada Kedai Giyong Kekalik mataram. Variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variable instore terhadap minat beli konsumen.
URGENSI SERTIFIKASI HALAL BAGI BISNIS UMKM Muhammad Rido; Abdul Hadi Sukmana
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 2 (2021): November
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.234 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i2.5644

Abstract

UMKM merupakan lembaga bisnis yang terbukti mampu menjadi motor penggerak perekonomian dan mampu bertahan menghadapi berbagai krisis, baik nasional maupun global. Sejak disahkannya UU JPH, UMKM menghadapi tantangan baru yaitu keharusan memiliki sertifikasi halal untuk setiap produk yang dipasarkan. Walau demikian, sertifikasi halal sejatinya merupakan kebutuhan bagi UMKM dalam upaya mengembangkan dan memajukan usahanya. Dikarenakan sertifikasi halal yang dimiliki UMKM mampu meningkatkan minat beli, keputusan pembelian dan penjualan. Namun tetap saja kesadaran untuk mengurus sertifikasi halal pada UMKM masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh justifikasi dan meningkatkan keyakinan bahwa sertifikasi halal merupakan sesuatu yang sangat penting, tidak hanya bagi konsumen, tetapi bagi UMKM selaku pelaku usaha. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal pada produk UMKM terbukti mampu meningkatkan minat beli dan keputusan pembelian konsumen, serta mampu meningkatkan omset penjualan UMKM setelah memiliki sertifikasi halal.Kata Kunci: Sertifikasi Halal; Keputusan Pembelian; Tingkat Penjualan; UMKM.

Page 1 of 4 | Total Record : 32