cover
Contact Name
HANDOYO WIRASTOMO
Contact Email
jabb.fisipol.ummat@gmail.com
Phone
+6287864591011
Journal Mail Official
jabb.fisipol.ummat@gmail.com
Editorial Address
JL. KH. AHMAD DAHLAN NO 1 PAGESANGAN, MATARAM, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS AND BANKING
ISSN : 2775622X     EISSN : 2723634X     DOI : https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5541
Core Subject : Social,
Manajamen Pemasaran Manajemen Operasi Manajemen SDM Manajemen Keuangan Manajemen Strategis Manajemen Sistem Informasi Manajemen Sistem Bisnis Leadership Sistem Bisnis Etika Bisnis Hukum Bisnis Entrepreneurship Administrasi Bisnis Pada UMKM Administrasi Bisnis Administrasi Bisnis Syari’ah
Articles 21 Documents
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Usaha Kecil Menengah Kawasan Dasan Sari, Taman UdayanaKota Mataram 2017) Mega Diana Pratiwi; Handoyo Wirastomo
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.27 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2277

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan pencantuman harga dalam menu terhadap keputusan pembelian konsumen.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung sebagai konsumen di Usaha Kecil Menengah Kawasan Dasan Sari, Taman Udayana Kota Mataram dan sampeldalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan sampel kuota atau (quota sampling), dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jenis Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisa regresi sederhana, karena hanya terdapat dua variabel yang akan diukur pengaruhnya. Variabel-variabel tersebut terdiri dari variabel pencantuman harga dalam menu sebagai variabel independen (X) dan keputusan pembelian konsumensebagaivariabel dependen (Y).  Setelah melalui proses pengujian, hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh valid dan reabilitas serta terdapat pengaruh pencantuman harga terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini bermaksud memberikan rekomendasi bagi para pemilik Usaha Kecil Menengah dalam upaya memenuhi kepuasan pelanggan dalam keputusan pembelian mengenai pencantuman harga dalam menu, maka diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan, karena hal ini sangat penting guna memudahkan seorang konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk (makanan atau minuman), serta diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji dan memperluas cakupan penelitiannya baik dari segi variabel, responden, metode maupun lokasi penelitiannya.
PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasusu di Kedai Giyong Kekalik Mataram) Sopian Rejeki; Sulhan Hadi
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.638 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2278

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh Store Atmosphere yang terdiri dari Instore dan Outstore baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli konsumen Kedai Giyong Kekalik Mataram. Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Kedai Giyong Kekalik Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang yang pernah berbelanja pada Kedai Giyong Kekalik Mataram, yang berjumlah 138 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Skala pengukuran menggunakan skala pengukuran skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 20 For Windows.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari variableinstoredan tidak berpengaruh secara signifikan dari variableoutstoreterhadap minat beli konsumen. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variable instore dan outstorepada Kedai Giyong Kekalik mataram. Variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variable instore terhadap minat beli konsumen.
FAKTOR-FAKTOR HARGA, LOKASI DAN KUALITAS BANGUNAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH PADA PT. ANUGRAH ALAM PROPERTI (Studi Kasus Perumahan Muhajirin Asri) Haerulina Haerulina; Baiq Reinelda Triyunarni
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.28 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2279

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah masyarakat yang membeli rumah di Perumahan Muhajirin Asri sebanyak 128 orang sedanglan sampel sebanyak 57 orang dengan metode sampel random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan kuisioner disebarkan langsung ke konsumen Perumahan Muhajirin Asri sebanyak 57 orang, dilakukan dengan wawancaradengan pihak perusahaan dan observasi secara langsung ke objek peneitian. metode statistik menggunkan analisis regresi linear berganda dengan program spss veri  20, dengan pengujian hipotesis uji F DAN Uji T.  Berdasarkan analisis yang telah digunakan, dapat ditarik beberapa kesimpulan pada saat dilakukan pengolahan regresi linear berganda. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, serta bebas dari heteroskedastisitas, multikolinearitas dan telah lolos uji normalitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F menunjukkan signifikan < 0,05. Hal ini berarti variable harga, lokasi dan kualitas bangunan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan ujiT menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, dan kualitasbangunan yang diteliti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh dari nilai Adjusted R2 33,9%. Artinya, variabel keputusan pembelian dapat dijelaskanoleh adanya variabel harga, lokasi dan kualitas bangunan.
PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PENGEMBANGAN PARIWISATA KOTA MATARAM TAHUN 2018 Fakihi Rahman
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.521 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pariwisata, dan untuk mengetahui jumlah kontribusi pajak pariwisata untuk PAD Kota Mataram serta kendala-kendala kontribusi pajak pariwisata.  Peneliti menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Metode Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program pembangunan kepariwisataan dan rencana indikator yang dituangkan dalam Rencana Strategis Disbudpar Kota Mataram Tahun Anggaran 2016-2021 disusun dengan mengacu dan berpedoman pada Rencana Pembangunan JangkaMenengah Daeran (RPJMK) Kota Mataram Tahun 2016-2021. Dalam kontribusinya terhadap PAD Kota Mataram, pajak pariwisata tidak di pungut langsung pada setiap obyek wisata yang ada di Kota Mataram. Namun pajak pariwisata dapat dilihat melalui beberapa hasil pajak daerah yakni pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan pajak parkir. Dari  ke empat jenis pajak tersebut, kontribusi terbesar terhadap PAD adalah pajak hotel dan yang paling rendah adalah pajak parkir. Kendala yang dihadapi dalam peningkatan kontribusi melalui pajak pariwisata adalah menurunnya minat wisatawan untuk mengunjungi pariwisata yang ada di kota mataram. Jika jumlah wisatawan menurun secara otomatis kontribusi pajak pariwisata akan menurun karna tinggi rendahnya kontribusi pajak pariwisata tergantung pada jumlah pengunjung wisatawan.
PENGARUH EVALUASI JABATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KINERJA KARYAWAN PADA PERUM BULOG DIVISI REGIONAL NUSA TENGGARA BARAT Risma Risma; Kukuh Tondoyekti
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.864 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v1i1.2281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh evaluasi kerja karyawan terhadap kinerja karyawan di Perum Bulog Divre Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka. Penelitian ini mengunakan jenis data primer dan data sekunder. Metode sampling indicator yang dikaji Pengaruh Evaluasi Jabatan Terhadap Produktivitas Kinerja Karyawan Pada Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Barat. Teknikanalisis data Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisa Regresi Linear, Uji HipotesisdanUji R Square/Detreminasi (R2) Hasil dari penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi jabatan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kinerja karyawan pada Perum Bulog Divisi Regionel Nusa Tenggara Barat. Artinya adanya peningkatan evaluasi jabatan menurut karyawan akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Bobot pengaruh variable evaluasi jabatan terhadap produktivitas kinerja karyawan sebesar 0,984 yang menunjukkan bahwa jika variabele valuasi jabatan menurut responden mengalami kenaikan sebesar 1 satuan variable produktivitas kerja akan mengalami kenaikan sebesar 0,984.
Analisis Laporan Keuangan Di Kantor Bappeda Kabupaten Lombok Barat Baiq Reinelda Triyunarni; Dedy Iswanto; Abdul Hafiz
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.378 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5358

Abstract

This research is entitled Analysis of Financial Statements at the Bappeda Office of West Lombok Regency. The purpose of this study is to find out the 2017-2019 Bappeda Lombok Barat Report using the Liquidity and Solvency ratio. Financial statements are information that describes the financial condition of a company and furthermore this information can be used as a description of the company's performance. Analysis of financial statements in public sector organizations is done by comparing the financial performance of one period with the previous period based on financial statements, there are various types of ratios, namely liquidity ratios, solvency ratios, activity ratios, probability ratios, and growth ratios. The method used in this research is quantitative-qualitative using a deductive approach and analysis using Liquidity Ratios and Solvency Ratios, the current ratio of the Regional Development Planning Agency Office for 2017-2019 shows that in 2014 the current ratio was 667.50% in 2018 it decreased to 592.62 % or (74.88%) then experienced a significant increase in 2019 by 932.84% or an increase of 340.22%. Quick Ratio/Quick Ratio 2017 Quick Ratio/Quick Ratio of 264.91% in 2018 decreased by 170.31% or by 94.61% and then experienced a significant increase in 2019 by 524.25% or by 353.94%. In 2017-2019 based on Solvency Ratio analysis, in 2017-2019 the West Lombok Regional Development Planning Agency was able to pay all its debts then in 2019 it decreased by 0.02 and an average of 0.09%. The results of the calculation of the debt ratio in 2019 decreased by 0.02 and an average of 0.09%.
Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Nurul Indra Ningsih; Rangga Putra
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.303 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Struktur Modal  terhadap Nilai perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif. Jumlah Populasi 183 perusahaan, metode sampling dengan purposive sampling, asil seleksi 39 sampling yang akan digunakan. Jenis data yang digunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  teknik dokumentasi. Alat analisi dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasiHasil penelitian adalah: dengan menggunakan uji hipotesis uji t, Variabel X atau DER menunjukkan nilai sig < a atau 0,000 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan menerima Ha, artinya Struktur Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019.
Pengaruh Kredit Koperasi Simpan Pinjam Terhadap Peningkatan Pendapatan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Damai Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Handoyo Wirastomo; Sulhan Hadi
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.051 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5361

Abstract

Koperasi simpan pinjam (KSP) Damai adalah salah satu koperasi simpan pinjam yang ada di wilayah kabupaten Lombok utara. Kegiatan pokok koperasi simpan pinjam yaitu memberikan pinjaman kepada anggota dengan bunga sebesar 2 % dari sisa pokok pinjaman, pencatatan penerimaan dan pengeluaran keuangan telah dilaksanakan dengan baik. Setiap penerimaan dan pengeluaran keuangan telah dibuktikan bukti dan dicatat pada kas keluar dan masuk. Koperasi simpan pinjam (KSP) Damai adalah koperasi yang meminjamkan uang kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan dikembalikan dengan cara pemotongan gaji pegawai melalui kitir gaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredit koperasi simpan pinjam terhadap peningkatan pendapatan anggota koperasi simpan pinjam (KSP) Damai kecamatan gangga kabupaten Lombok utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variable penelitian ini adalah kredit simpan pinjam dan pendapatan anggota koperasi simpan pinjam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari Observasi,interview / wawancara, dokumentasi, studi pustaka, kusioner (angket).populasi dalam penelitian ini berjumlah 267 orang. Dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang.Kata Kunci: Kredit, Koperasi Simpan Pinjam dan Pendapatan.
Efektivitas Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dimasa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Pada Dinas Koperasi Dan UKM Povinsi NTB Lia Fitriani; Muhammad Ali; Lalu Hendra Maniza
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.159 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5364

Abstract

Salah satu upaya pemulihan usaha bagi usaha ultra mikro terhadap dampak wabah Covid 19 yaitu dengan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pemberdayaan yang diberikan berupa pentukan program yang melibatkan para usaha Mikro Kecil dalam penyediaan jaring Pengaman Sosial (JPS) dan pemberian Stimulus ekonomi dalam bentuk  fasilitasi pemberian modal. Bantuan ini digunakan untuk memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 dengan memberi kesempatan dalam memproduksi hasil usahanya sebagai bentuk partisipan dalam penjegahan Covid-19 yang dapat memberi keuntungan kepada Usaha Mikro Kecil yang terdampak. Serta dapat memberikan kesempatan untuk merintis usaha Kembali dimasa krisis ekonomi. Dalam pelaksanaanya terdapat permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya modal untuk memberdayakan semua Usaha Mikro Kecil yang terdampak Pandemi Covid-19 sehingga tidak semua Usaha Mikro Kecil  di Provinsi Nusa Tenggara Barat  dapat diberdayakan.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas Strategi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimasa Pandemi Covid-19 tahun 2020 pada Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Adapun informan penelitan ini terdeiri dari kepala Bidang UKM, Kepala Seksi Pengembangan UKM, Kepala Bidang Program Dinas Koprasi UKM Provinsi NTB dan Pelaku UKM yang di Berdayakan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan wawancara, Observasi dan Documentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data , penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk keefektivitasan Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dimasa Pandemic Covid-19 tahun 2020 pada Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat belum dapat dikatakan baik dari ketiga indikator yang dijelaskan hanya dua indikator yang bisa dikatakan baik, yaitu pada indikator ketepatan sasaran dan sosialisasi program.
Pengaruh Fundamnental Mikro Ekonomi Terhadap Harga Saham Pada Kelompok Jakarta Islamic Index Lalu Ahmad Ramadani
JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) Vol 2, No 1 (2021): Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.888 KB) | DOI: 10.31764/jabb.v2i1.5366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh fundamendal mikroekonomi yang diproksikan rasio keuangan terhadap harga saham pada kelompok Jakarta Islamic Index (JII). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang konsisten tergabung dalam JII periode 2011-2015 dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham syariah pada kelompok JII yaitu rasio pasar yang diproksikan EPS, rasio leverage yang diproksikan DAR dan rasio aktivias yang diproksikan TATO, sedangkan rasio profitabilitas yang diproksikan ROA dan rasio likuiditas yang diproksikan CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham syariah pada JII. Namun, berpengaruh secara simultan. Hal ini mengindikasikan ketiga proksitas yang berpengaruh positif memiliki hubungan terhadap permasalahan agensi yaitu antara prinsiple (pemilik saham) dengan agent (manajemen).

Page 1 of 3 | Total Record : 21