Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi
Vol. 4 No. 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, Desember 2020

Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Kelompok Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Di Puskesmas Putri Ayu

Sri Mulyani (Prodi Keperawatan, Universitas Jambi)
Nurlinawati Nurlinawati (Prodi Keperawatan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Latar belakang : ASI adalah makanan ideal untuk bayi baru lahir dan dengan pemberian ASI secara eksklusif dapat memberikan bayi semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan yang sehat. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jambi cakupan pemberian ASI Eksklusif di Provinsi Jambi Tahun 2014 sebesar 73,62 %. Cakupan ini masih jauh di bawah target pencapaian pemberian ASI Eksklusif Nasional yaitu 80 %. Sedangkan cakupan ASI Eksklusif di Kota Jambi pada tahun 2016 sebesar 63,88%. Dan puskesmas Putri Ayu merupakan puskesmas terendah keberhasilan pemberian ASI Eksklusif dengan jumlah presentase 22,4% dari beberapa puskesmas di Kota Jambi. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimenl, pendekatan pretest posttest group designs. Populasi penelitian ini ibu hamil trimester tiga yang berkunjung di puskesmas Putri Ayu. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling (sampel non random) dengan metode consecutive sampling. Jumlah sampel 28 orang. Hasil : Nilai Exact Sig sebesar 0.004 < 0.05 ( 5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode sebelum ceramah dengan metode setelah ceramah. Nilai Exact Sig sebesar 0.001 < 0.05 ( 5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode sebelum diskusi kelompok dengan metode setelah diskusi kelompok. Simpulan : Pemberian pendidikan kesehatan bagi ibu hamil di Puskesmas Putri Ayu dapat efektif dilaksanakan dengan metode ceramah juga diskusi kelompok.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIITUJ

Publisher

Subject

Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JIITUJ publish the result of research on applied science and education (Research of applied science and education) such as: the research result on applied science and education such as curriculum development and learning, character education, technology and instructional innovation, and learning ...