Borobudur Psychology Review
Vol 1 No 1 (2021)

Pengaruh Harga Diri dan Lokus Kontrol Internal terhadap Kematangan Karier Mahasiswa

Milyarti Ningrum (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Aftina Nurul Husna (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Aning Az Zahra (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir perlu memiliki kematangan karier yang baik karena sudah berada pada masa akhir preoccupational. Hasil survei pendahuluan menunjukkan adanya dinamika kematangan karier di kalangan mahasiswa tingkat akhir. Kematangan karier yang baik sangat penting karena menunjukkan kemampuan mahasiswa untuk melewati hambatan-hambatan yang terjadi dalam setiap tahap perkembangan kariernya. Harga diri dan lokus kontrol internal merupakan beberapa faktor yang diyakini mempengaruhi kematangan karier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga diri dan lokus kontrol internal terhadap kematangan karier. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel N = 279 mahasiswa tingkat akhir di Universitas Muhammadiyah Magelang. Hasil uji hipotesis dengan regresi linear berganda menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari harga diri dan lokus kontrol internal terhadap kematangan karier dengan nilai kontribusi pengaruh sebesar 72.5%. Harga diri berpengaruh terhadap kematangan karier melalui perilaku dan sikap positif terhadap tujuan karier. Adapun lokus kontrol internal mempengaruhi kematangan karier melalui rasa percaya individu terhadap pengetahuan dan kemampuannya dalam melewati hambatan yang dialami terkait dengan tugas perkembangan kariernya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bpsr

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aim Borobudur Psychology Review, publishes research and innovative ideass on psychology. Borobudur Psychology Review is published by Department of Psychology, Muhammadiyah Magelang University. Scope Borobudur Psychology Review covers the following fields : Enterpreneur Psychology, Social Psychology, ...