Borobudur Psychology Review
Vol 2 No 1 (2022)

Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri pada Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Belajar Online

Shanti Putri Paramithasari (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Hermahayu Hermahayu (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Akhmad Liana Amrul Haq (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh kontrol diri dan efikasi terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam belajar online. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Magelang yang mengikuti pembelajaran secara online selama pandemi COVID-19. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling (N = 364 orang). Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh kontrol diri dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam belajar online (R = 0,761, R2 = 0,579, F (2, 361) = 247,8, p<0,01). Peningkatan kontrol diri dan efikasi diri berkontribusi pada penurunan prokrastinasi akademik dalam belajar online sebesar 57,9%. Semakin tinggi kontrol diri dan efikasi diri mahasiswa, maka semakin berkurang prokrastinasi akademiknya. Model regresi pengaruh kedua variabel bebas pada variabel tergantung adalah Prokrastinasi Akademik = 109,804 – 0,351*(Kontrol Diri) – 0,333*(Efikasi Diri). Disimpulkan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswa dalam belajar online dapat diatasi dengan meningkatkan kemampuan kontrol diri dan efikasi diri mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bpsr

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aim Borobudur Psychology Review, publishes research and innovative ideass on psychology. Borobudur Psychology Review is published by Department of Psychology, Muhammadiyah Magelang University. Scope Borobudur Psychology Review covers the following fields : Enterpreneur Psychology, Social Psychology, ...