Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 10 No 3 (2022): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING LMS (LEARNING MANEGEMENT SYSTEM) DAN KOMPETENSI DOSEN

Yuni Siti Nuraeni (Universitas Bina Sarana Informatika)
Dwi Irawati (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

The rapid changes in information, communication, and technology have an impact on the need for facilities in learning that provide compfort and convenience. The use of information, and communication technology with the concept of e- learning especially in online learning in higher education, requires students to be more independent and active in the learning process. As one of the university based on information and communication technologi, UBSI utilizes e- learning to support the learning process during the covid 19 pandemic. The use of LMS (Learning Management System) called MY Best ( My BSI E- Learning System) has several advantages in term of learning methods which is partical and convenience with the one of objectives of its application in online lectures is to increase student learning motivation. In addition to LMS learning media lecturers have a contribution to realize the success of the online learning process. Lecturers have a key role in every effort to improve the quality, relevance, and efficiency of education. Competence is one of factor that can motivate students in learning which is also reflected in teaching abilities. This studi aim to determine the effect of LMS e- learning media and lecturer competence on learning motivation. The method use descriptive quantitative. Technique sampling use saturate sample or total sampling so that 96 respondents were obtained, namely student of UBSI Management Study Program in Jatiwaring and Kalimalang campuses and then analyzed using mulitiple linear regression, hypothesis testing with T test and F tes as wel as determinan coefficient test which was processed using IBM SPSS version 25. Where the results of this study are 1) LMS e- learning media has partially significant effect on learning motivation, 2) lecturer competence partially significant effect on learning motivation, 3) LMS e-learning media and lecturer competence silmutanously have significant effect on learning motivation. Pesatnya perubahan teknologi informasi dan komunikasi berimbas pada kebutuhan akan fasilitas dalam pembelajaran yang memberikan kenyamanan serta kemudahan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep e- learning khususnya pada pembelajaran daring di pendidikan tinggi menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran. Sebagai salah satu universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi, UBSI memanfaatkan e- learning untuk menunjang proses pembelajaran selama pandemik covid 19. Penggunaan LMS (Learning Management System) yang dinamakan My Best (My BSI E- Learning System) memiliki beberapa keunggulan dalam hal metode pembelajaran yang praktis dan nyaman dengan salah satu tujuan penerapannya dalam perkuliahan daring adalah untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Selain media pembelajaran LMS, dosen memiliki kontribusi untuk mewujudkan keberhasilan proses pembelajaran daring. Dosen memiliki peranan kunci dalam setiap upaya peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi pendidikan. Kompetensi menjadi salah satu fakto yang dapat memotivasi mahaiswa dalam belajar yang juga tercermin dalam kemampuan mengajar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e- learning LMS dan kompetensi dosen terhadap motivasi belajar. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau total sampling sehingga diperoleh 96 responden yaitu mahasiswa UBSI Prodi Manajemen Kampus Jatiwaringin dan Kalimalang dan selanjutnya dianalisa dengan secara regresi linear berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji f serta uji koefisien determinan yang diolah menggunakan IBM SPSS versi 25. Dimana hasil penelitian ini 1) media pembelajaran e-learning LMS secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi berlajar, 2) komptensi dosen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, 3) media pembelajaran e- learning LMS dan kompetensi dosen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...