Jurnal Perspektif
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Perspektif: Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Kecemasan Dalam Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab Ditinjau Berdasarkan Self efficacy Dengan Academic Help Seeking Sebagai Variabel Moderasi

Farid Soleh Nurdin (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Agus Abdul Rahman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Fatimah Az Zahro (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Mata kuliah Bahasa Arab merupakan salah satu mata kuliah wajib di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Namun tidak semua mahasiswa berasal dari sekolah yang berbasis Islam, sehingga mata kuliah Bahasa Arab dapat menjadi salah satu mata kuliah yang dapat menimbulkan kecemasan akademik. Fakultas Psikologi adalah salah satu fakultas yang berbasis umum yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sebagai fakultas yang berbasis umum, sebagian mahasiswa bukan berasal dari sekolah yang berbasis agama. Menurut studi awal yang dilakukan, sekitar 60% dari 50 subjek yang merupakan mahasiswa psikologi merasa cemas akan mata kuliah Bahasa Arab. Subjek dari penelitian ini berjumlah 255 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh self efficacy terhadap kecemasan dalam belajar mata kuliah Bahasa Arab dengan academic help seeking sebagai variabel moderasinya. Hasil dari uji PLS moderasi menunjukan bahwa variabel academic help seeking dapat menjadi variabel moderator dari pengaruh self efficacy terhadap kecemasan dalam belajar mata kuliah Bahasa Arab dengan nilai signifikasi 0.018.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Other

Description

Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic. ...